Thumbnail

SD KRISTEN ALETHEIA ADAKAN PROGRAM ENTREPRENEUR DAY

SD KRISTEN ALETHEIA ADAKAN PROGRAM ENTREPRENEUR DAY

Sabtu , 7 April 2018  siswa - siswi kelas 4 dan 5 melakukan kegiatan yang berbeda dari hari biasanya . Mereka tampak bersemangat sekali melaksanakan kegiatan ENTREPRENEUR DAY .

Mereka tidak canggung ketika menjalankan perannya sebagai seorang usahawan cilik . Salah satu siswa mengatakan sangat senang dengan kegiatan ini .
Mereka mengharapkan kegiatan ini bisa dilakukan setiap tahunnya .

Kegiatan ENTREPRENRUR DAY ini telah berlangsung selama 2 tahun .

Adapun salah satu tujuan dari kegiatan ini  adalah  untuk pengembangan keterampilan belajar yang mandiri , efektif , dan efesien.

Pada proses Enterpreneur Day tersebut,siswa -siswi kelas 4 dan 5 mendapatkan modal sebesar Rp 500.000/ kelas dari Sekolah , namun mereka harus mengembalikan modal tersebut diakhir kegiatan . Hal ini dilakukan untuk melatih tanggung jawab terhadap modal tersebut.

Dalam kegiatan ini mereka bersama-sama belajar menjadi usahawan dengan mempraktekkannya secara langsung.

Proses pembelajaran entrepreneurship sejak dini merupakan upaya untuk mendapatkan sebanyak mungkin ilmu pengetahuan.

Metode pembelajaran entrepreneurship juga mengharuskan pengetahuan dari berbagai disiplin ilmu yang dipelajari dalam satu cara yang terintegrasi dan diaplikasikan untuk menyelesaikan berbagai persoalan.

Integrasi berbagai disiplin ilmu tersebut diharapkan dapat mencetak peserta didik yang mampu melakukan pengambilan keputusan dan risiko yang tepat dan akurat, bahkan pada usia muda.

Penjual harus berhati-hati dalam menetapkan harga barang-barang dagangannya, karena seorang penjual tidak hanya harus memikirkan bagaimana agar barang dagangannya laris, namun juga bagaimana ia tetap bisa balik modal sehingga hasil yang diperoleh dapat digunakan untuk membeli barang lagi sekaligus memperoleh keuntungan yang merupakan penghasilan bersihnya.

Sementara itu, pembeli harus pintar-pintar menawar harga yang sudah ditetapkan oleh penjual agar dapat membeli barang dengan harga yang ditentukan.

Jadi, melalui praktek ini siswa kelas 4 dan 5 tidak hanya belajar bagaimana caranya menghitung uang dengan cepat dan teliti, tetapi juga belajar bagaimana pola pikir seorang entrepreneur atau usahawan.

Hmm..... Siapa tahu saat dewasa kelak mereka dapat menjadi seorang usawan yg berhasil dan mampu mencetak lapangan kerja.

SUKSES SELALU !!! " EUREKA ALETHEIA "