Di SKA Ampenan Pahlawan di Hati Sepuluh November 2021

By Rusdi Arjiman, S.sos.

Upaya pembinaan karakter bagi peserta didik di lingkungan Sekolah Kristen Aletheia (SKA) Ampenan memang merupakan prioritas utama di samping peningkatan mutu di bidang akedemik yang selama ini sudah cukup menonjol, khususnya dalam dunia pendidikan di Kota Mataram.

Untuk tujuan itu dalam memperingati Hari Pahlawan 2021 ini, SKA Ampenan menggelar Lomba Baca Biografi Pahlawan Nasional bagi peserta didik mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas IX. Kelas 1 sampai kelas VI, Biografi Pahlawan Nasional dibuatkan oleh guru pengampu PPKN. Sedangkan, kelas VII sampai kelas IX, Biografi Pahlawan Nasional disusun oleh peserta didik sendiri. Lomba Baca Biografi Pahlawan Nasional ini dilakukan  dalam bentuk rekaman suara. Setiap kelas diambil juara I s.d VI. Selanjutnya, rekaman suara para pemenang ini disiarkan melalui Aletheia Voice.

Peringatan Hari Pahlawan di SKA dimaksudkan untuk memberi kesadaran kepada peserta didik untuk meneladani sikap-sikap luhur para pahlawan. Penanaman nilai-nilai luhur bangsa memang harus dilakukan sejak dini. Memperkenalkan arti kepahlawanan kepada peserta didik,  itu berarti kita memperkenalkan sikap rela mengorbankan ego pribadi untuk kepentingan yang lebih besar, teguh dalam pendirian, belajar dengan sungguh-sungguh untuk mencapai masa depan yang dicita-citakan.

Membangun karakter yang diharapkan perlu usaha berkesinambungan dari semua pihak baik guru, karyawan, orang tua, maupun peserta didik sendiri.

“Ya, kegiatan ini juga dimaksudkan agar peserta didik mampu menghargai jasa para pahlawan. Seperti yang kita pahami bersama bahwa, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Semangat ini, terus kita tumbuhkembangkan supaya sikap dan perilaku para pahlawan seperti pantang menyerah, berjuang tanpa pamrih bahkan rela mengorbankan nyawa menjadi hal yang melekat kepada peserta didik. Kegiatan Peringatan Hari Pahlawan 2021 ini merupakan program Pembinaan Karakter yang sudah dituangkan dalam “Program Pahlawan di Hati” yang setiap tahun diselenggarakan di SKA Ampenan ini,“ demikian diutarakan oleh Ibu Vironika Endras Bhairawati, S.Pd. selaku  kepala sekolah SD-SMP di sela-sela kesibukannya mengajar secara PJJ via zoom. E U R E K A

MAJU TERUS

BERSAMA SKA MERAIH PRESTASI GEMILANG!