NATAL 2021 “ALETHEIA PEDULI, ALETHEIA BERBAGI”

By Rusdi Arjiman

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Sekolah Kristen Aletheia (SKA) Ampenan tak pernah alpa dalam kegiatan perayaan Hari Natal, khususnya dalam berbagi kasih antarsesama. Begitu pula dengan tahun ini,  SKA telah menyalurkan 125 paket sembako ke gereja- gereja dan panti asuhan yang ada di kota Mataram, serta saudara-saudara kita yang terdampak banjir bandang yang ada di kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat. Bukan itu saja, bantuan berupa uang tunai juga disalurkan  kepada saudara-saudara kita yang terdampak erupsi Gunung Semeru terutama yang berada di Lumajang, Jawa Timur. Penyaluran paket sembako ini dilaksanakan pada hari Rabu, 8 Desember 2021.

Penyaluran dibagi dalam beberapa kelompok tugas yang masing-masing bertanggung jawab untuk mendistribusikan sembako pada pos-pos yang sudah ditentukan sebelumnya oleh panitia. “Ya, pendistribusian paket sembako ini kita bagi dalam beberapa kelompok tugas. Petugas kita libatkan bapak ibu guru serta siswa terutama dari kelas 7, 8, dan 9. Dengan demikian, pendistribusian paket sembako ini dapat kita selesaikan dengan segera dan dalam waktu yang bersamaan,” demikian disampaikan oleh Pak Eka Budiana, S.Pd. selaku ketua panitia program Aletheia Peduli tahun 2021 ini.

Sasaran pendistribusian paket sembako ini,  di antaranya ada 11 gereja, 1 panti asuhan, dan orang tua/wali murid yang terdampak banjir bandang yang ada di Gunung Sari, Lombok Barat. Terselenggaranya penyaluran paket sembako ini tidak lepas dari dukungan orang tua wali murid dari kelas 1 sampai dengan kelas IX yang sebelumnya telah mengumpulkan berbagai jenis sembako seperti beras, minyak goreng, gula, mie instan yang selanjutnya oleh panitia dikemas menjadi paket sembako.

Kegiatan penyaluran paket sembako ini, juga melibatkan siswa. Dilibatkannya siswa dalam penyaluran paket sembako ini dimaksudkan agar siswa mendapatkan pembelajaran karakter yaitu, peka terhadap linkungan dan memiliki rasa empati atas keadaan orang lain. Seperti, yang diungkapkan oleh salah seorang siswa yang ikut mendistribusikan sembako ke GKT Gloria di Cakranegara. “ Saya senang dapat ikut menyalurkan sembako ke jemaat-jemaat yang ada di gereja-gereja di Mataram ini. Ya, tentunya ini pengalaman yang sangat berharga. Saya dapat melihat langsung keadaan jemaat yang berhak menerima bantuan. Bertatap muka dan berbincang dengan mereka mendatangkan kepuasan tersendiri bagi saya,” kata Abelia S. Kalina sebagai perwakilan siswa dari kelas IX B.

Di tempat terpisah, Ibu Vironika Endras Bhairawati, S.Pd. selaku kepala SD-SMP Kristen Aletheia menyampaikan keprihatinannya atas musibah yang terjadi. Di antaranya,  bencana erupsi Gunung Semeru yang meluluhlantakkan desa-desa di sekitar Lumajang, Jawa Timur, maupun bencana banjir bandang yang merendam rumah-rumah warga yang terdampak di beberapa desa di kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat.

“Kita sungguh prihatin akan kejadian ini, khususnya bencana banjir bandang di Gunung Sari. Di antara korban, terdapat beberapa orang tua/wali murid SKA yang rumahnya ikut terdampak. Begitu pula, dengan terjadinya erupsi Gunung Semeru yang menelan korban jiwa di daerah Lumajang, Jawa Timur. Mari, kita bawa dalam doa. Semoga para korban diberi kekuatan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Puji Tuhan, kita dapat menyalurkan beberapa paket sembako kepada saudara-saudara kita yang terdampak banjir bandang. Dan, berupa uang tunai disalurkan kepada saudara-saudara kita yang berada di Lumajang, Jawa Timur.

Pada kesempatan ini pula, saya sampaikan ucapan terima kasih yang setulusnya kepada orang tua/wali murid, atas dukungannya dalam program “Aletheia Peduli” sehingga dapat berjalan dengan lancar dan sukses, ” demikian Ibu Vironika mengakhiri ucapannya. E U R E K A !!

MAJU TERUS! 

BERSAMA SKA MERAIH PRESTASI GEMILANG