Fasilitas Bermain

Lapangan Basket

Sejak beberapa tahun terakhir SKA Ampenan dengan serius menekuni olah raga basket. Hal ini digagas dan dirancang oleh (Alm.) Nur Ali. Dalam perjalannya beberapa terakhir telah digelar perhelatan bola basket antar SMP untuk wilayah lombok dengan diberi tajuk “Aletheia Cup.” Dalam pelaksanaannya, Aletheia Cup digelar dengan begitu serius. Salah satu indikatornya adalah pihak panitia tidak main-main mengundang beberapa wasit resmi dari Persatuan Bola Basket Indonesia. Hal itu dilakukan semata-mata agar melalui lapangan basket SKA Ampenan dapat melahirkan para pemain basket Nasional dan Internasional.
Letak lapangan basket tepat di depan gerbang utama sekolah. Jadi setiap harinya setiap siswa dan guru yang masuk melalui gerbang utama pasti akan menjejakan kakinya di lapangan tersebut. Lapangan ini diaktifkan sebagai lapangan basket selama jam kerja, 07.30-15.00 (WITA).

Outdoor Playground

SKA Ampenan memiliki outdoor playground sebagai tempat bermain sambil belajar untuk siswa-siswinya. Outdoor playground ini dirancang semenarik mungkin dengan tingkat keamanan yang tinggi sehingga siswa-siswi dapat menggunakan fasilitas ini untuk bermain sambil belajar dengan nyaman. Fasilitas ini diharapkan dapat membantu siswa untuk mengembangkan psikomotorik dan melatih keberanian siswa.

Indoor Playground

SKA memiliki indoor playground yang diberikan khusus untuk siswa KB dan TK. Indoor playground ini didesain dengan sangat menarik, ada berbagai macam permainan yang dapat dimainkan disana seperti melempar bola, rumah kaca, terowongan, dan masih banyak lainnya. Siswa akan memiliki kesempatan untuk belajar dengan cara yang unik dan seru.

Lapangan Bermain KB & TK

Selain memiliki lapangan basket, SKA Ampenan juga memiliki lapangan bermain. Lapangan ini letaknya bersebelahan dengan outdoor playground. Siswa-siswi SKA Ampenan biasa menggunakannya untuk bermain secara bebas, kegiatan pramuka, kegiatan ekstrakulikuler, dan senam.

Kolam Renang

Untuk mengembangkan kepandaian dalam bidang olah raga, SKA Ampenan juga menyediakan satu kolam renang yang bisa dipakai oleh setiap unit yang ada di sekolah. Siswa-siswi dapat menggunakan fasilitas ini sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Ketika melakukan kegiatan renang, mereka diawasi oleh para guru sehingga keamanannya tetap terjaga dengan baik.