OUTDOOR LEARNING KELAS III A TAHUN 2018

09 Feb 2018

Kali ini siswa-siswi kelas tiga mengadakan kegiatan pembelajaran di luar kelas. Sesuai dengan materi tema 6 yaitu Indahnya Persahabatan, mereka ingin lebih akrab dan dekat dengan teman-teman mereka dan lingkungan sekitarnya. Kegiatan yang mereka pilih adalah memasak bersama. “ Wah masak apa ya.... ? Bisakah anak-anak memasak ..?”

          Alangkah senangnya mereka diberi kesempatan untuk menengok dapur PIZZA HUT. Mereka diperbolehkan memasak pizza dan sekaligus menikmati hasil masakan mereka sendiri. Wwoooww......sangat menyenangkan. Apalagi bersama teman-teman didampingi para pakar pizza yang sudah berpengalaman.

          Secara bergiliran anak-anak memasuki ruangan dapur. Pertama-tama mereka harus jaga kebersihan dengan memakai celemek pizza, topi atau penutup kepala, mencuci tangan yang bersih, kemudian memakai sarung tangan. Di sana mereka dikenalkan peralatan – peralatan untuk membuat pizza. Mulai dari alat pencampuran, lemari penyimpanan daging dan sayur, alat pengembang adonan, serta tempat membuat pizza yang akan disajikan. Yang lebih menyenangkan lagi setiap anak diberi kesempatan membuat pizza sendiri dengan toping yang diinginkan. Kemudian mereka mencoba memasukkan ke dalam open dengan dibantu pakarnya karena panas, jadi harus berhati-hati.

          Wahhh......inilah saat yang ditunggu-tunggu. Kapan ya...matang??? Tak lama kemudian mereka dapat menikmati pizza lezat buatan sendiri-sendiri. Dengan lahapnya mereka menikmatinya. Rasa puas dan bangga mereka rasakan karena dapat menikmati pizza buatan sendiri dan kebersamaan dengan teman-teman yang seru.

          Apa yang mereka alami dan lakukan dalam kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari pembelajaran. Mereka harus membuat laporan tertulis serta memnerikan kesan dan pesan mereka selama kegiatan bersama teman-teman.

          Kegiatan tersebut kami lakukan untuk menerapkan karakter yang mengutamakan keharmonisan dan tenggang rasa antar teman maupun lingkungan sekitar sesuai tema yang sedang mereka pelajari. Bagaimana mereka menghargai perbedaan kesukaan dengan teman serta menciptakan kerukunan dengan semua teman. Dapat menciptakan kemandirian dan berwawasan luas. Kami berharap kegiatan tersebut berdampak yang baik bagi anak-anak dalam pembelajaran apapun dan sampai kapanpun.

“ Tuhan tidak melihat siapa kita tetapi apa yang kita lakukan”(SRT)