PEMILIHAN KETUA DAN WAKIL KETUA OSISKA PERIODE 2018 – 2019

09 Feb 2018

Pemilihan ketua dan wakil ketua OSISKA periode 2018 – 2019 kali ini agak sedikit berbeda dari tahun sebelumnya dimana tahun – tahun sebelumnya biasanya diadakan sekitar bulan Juni setelah UN selesai dilaksanakan tetapi tahun ini pemilihan dilakukan lebih cepat mengingat agenda kegiatan siswa kelas 9 yang sangat padat sehingga kepengurusan perlu di gantikan secepatnya.

Pemilihan pasangan calon ketua dan wakil ketua OSISKA 2018-2019 dibagi menjadi beberapa tahapan.

Tahap pertama yaitu sosialisasi agenda pendaftaran dan syarat – syarat calon ketua dan wakil ketua OSISKA yang dilaksanakan pada tanggal 22 Januari 2018 oleh panitia pemilihan.

Tahap kedua yaitu pendaftaran pasangan calon ketua dan wakil ketua OSISKA yang dilaksanakan selama 4 hari yaitu mulai tanggal 23 Januari 2018 hingga tanggal 26 Januari 2018.

Tahap ketiga adalah tahap verifikasi pasangan calon yang berhak untuk mengikuti seleksi calon ketua dan wakil ketua OSISKA yang berupa tes tulis dan wawancara oleh panitia pemilihan. \

Tahap keempat yaitu tes tulis dan wawancara yang diikuti oleh 6 pasangan calon yang telah lolos tahap verifikasi sebelumnya. Pada tes tulis dan wawancara ini, setiap pasangan calon dinilai kesiapan, percaya diri serta kemampuan nya dalam menyampaikan visi dan misinya serta motivasi yang membuat mereka ingin menjadi ketua dan wakil ketua OSISKA.

Tahap kelima yaitu pengumuman hasil seleksi dan persiapan kampanye pasangan calon. Terdapat 3 pasangan calon yang berhak melanjutkan ketahap selanjutnya yaitu pasangan Melinda dan Kiara dengan nomor urut 1, pasangan Kenrick dan Dhea dengan nomor urut 2, pasangan Putu dan Jemmy dengan nomor urut 3.

Tahap keenam yaitu kegiatan kampanye oleh setiap pasangan calon sesuai dengan jadwal yang telah disusun oleh panitia pemilihan. Kegiatan kampanye ini dilaksanakan selama 3 hari yaitu mulai tanggal 5 Pebruari 2018 sampai tanggal 7 Pebruari 2018.

Tahap ketujuh yaitu kegiatan debat pasangan calon yang dilaksanakan pada tanggal 8 Pebruari 2018. Debat ini dihadiri oleh seluruh siswa kelas 3 – 9.

Tahap kedelapan yaitu hari pemungutan dan penghitungan suara yang dilaksanakan pada tanggal 9 Pebruari 2018 yang berlangsung dari pukul 13.00 – 15.00 wita. Seluruh pemilih yang terdiri dari siswa dan siswi kelas 3 – 9 beserta guru terlihat tampak antusias untuk mengikuti pesta demokrasi ini dibuktikan dengan antrian siswa yang telah memadati lokasi pemilihan sebelum waktu pemilihan dimulai. Kegiatan pemungutan suara berlangsung dengan tertib dan lancar. Begitu juga dengan kegiatan penghitungan suara dimana setiap pendukung pasangan calon sangat bersemangat saat nomor urut pada kertas suara dibacakan. Dari hasil penghitungan suara, terdapat total 301 suara yang dinyatakan sah dan terdapat 18 suara yang tidak sah karena menyalahi aturan pemilihan. Dari total suara yang dinyatakan sah, pasangan calon Melinda dan Kiara mendapatkan total suara sebanyak 157 suara, pasangan Kenrick dan Dhea dengan 56 suara dan pasangan Putu dan Jemmy dengan 88 suara. Dari hasil tersebut, pasangan Melinda dan Kiara dinyatakan menang mutlak dan terpilih sebagai Ketua dan Wakil Ketua OSISKA periode 2018 – 2019.

Kegiatan  - kegiatan yang dilalui oleh para pasangan calon mulai tahap pertama hingga terakhir dapat dikatakan sebagai sebuah proses pembelajaran dimana mereka belajar untuk menjadi pemimpin, mengatur diri dan orang lain. Siswa dan siswi lainnya dapat memahami makna sebuah pesta demokrasi dimana setiap individu memiliki hak untuk memilih dan mengambil keputusannya masing – masing.  (Apriana)