ENGLISH STUDY TOUR “GOES TO SELONG BELANAK”

22 Mar 2018

ENGLISH STUDY TOUR “GOES TO SELONG BELANAK”

Study Tour merupakan salah satu program pengembangan kurikulum SMP Kristen AletheiaAmpenan yang rutin dilaksanakan dalam satu tahun pelajaran. Kegiatan study tour pertama kali dilaksanakan pada Semester I di bulan November tahun 2017. Daerah kunjungan study tou rpada study tour pertama adalah Pantai Kuta Lombok Tengah, sedangkan Study tour pada periode kedua tahun 2018 di Semester II telah dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 22 Maret 2018 dengan tujuan Pantai Selong Belanak Lombok Tengah.

Dasar pemikiran dilaksanakannya program ini adalah untuk mengetahui kemampuan dan keterampilan siswa dalam berbahasa Inggris di luar sekolah sekaligus memenuhi rencana program kurikulum yang mengharuskan siswa berinteraksi dengan lingkungan di luar lingkungan sekolah. Hasil yang diperoleh siswa setelah mengikuti kegiatan ini adalah laporan berupa teksderkripsi berdasarkan hasil pengamatan tempat pariwisata tersebut serta laporan berupa Recaunt Text tentang pengalaman wawancara mereka dengan Native Speaker.

Bentuk kegiatan Study Tour yang bertemakan Belajar dengan berpetualang “Learning by Adventure”terdiri dari peserta kelas VII, VIII, dan IX dibagi menjadi 30 kelompok dan masing-masing kelompok beranggota 4 sampai 6 orang. Setiap kelompok bertugas mengamati tempat wisata dan mewawancarai nara sumber (WNA).

Susunan kegiatan peserta Study Tour dimulai dari pukul 06.30 siswa berkumpul di disekolah untuk briefing dan doa bersama. Peserta berangkat ke Pantai Selong Belanak tepat pada pukul 07.30 menggunakan Bus Titian Mas dan sampai pada pukul 09.30 WITA.Peserta mulai mengerjakan tugas dari pukul 10.00 sampai dengan pukul 13.00 WITA kemudian kembali kesekolah. Laporan wajib yang harus dikumpulkan ke guru pengampu Bahasa Inggris diselesaikan pada hari Jumat tanggal 23 Maret 2018 di sekolah. Semoga pengalaman siswa yang belajar langsung di lingkungan membuat kemampuan berbahasa Inggris siswa Aletheia Ampenan meningkat. By.Yollanda.