Sejarah & Visi-Misi

Veritas, Libertas, Caritas
(Kebenaran, Kemerdekaan, Cinta Kasih).

Sekolah Kristen Aletheia (SKA) Ampenan merupakan sekolah yang mengedepankan mutu pendidikan dengan berlandaskan nilai-nilai kekristenan. Veritas, libertas, caritas, (Kebenaran, kemerdekaan, cinta kasih). Nilai-nilai ini sangat kami junjung tinggi. Kami rindu menjadi sekolah unggul yang dipilih masyarakat karena menghasilkan anak didik yang mencintai Tuhan, berperilaku dan bersikap santun, berjiwa mandiri, cerdas serta siap menghadapi tantangan zaman. Kami siap bersaing dan terus memperbaharui diri agar dapat memberikan yang terbaik dalam bidang pendidikan demi membangun masyarakat Indonesia yang lebih baik.

Gagasan mendirikan Sekolah Kristen Aletheia Ampenan tidak bisa dilepaskan dari kiprah para hamba Tuhan yang terpanggil untuk turut membantu Pemerintah dalam memenuhi salah satu kebutuhan dasar masyarakat, yaitu pendidikan. Dunia pendidikan merupakan medan pengabdian yang berperan sangat strategis dalam memberi kontribusi bagi kemajuan sebuah bangsa. Pendidikan yang baik, bermutu, dan dapat diakses oleh masyarakat luas merupakan impian kita bersama. Tahun 1976 Sekolah Kristen Aletheia Ampenan memperoleh legitimasi formal dari Pemerintah Daerah, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat sebagai dasar hukum peyelenggaraan pendidikan berdasarkan keputusan Bupati Lombok Barat No. KEP.78/kra.II/3/119 tanggal 3 Maret 1976. Upaya gigih yang dilakukan oleh para pendiri sekolah tidak berhenti pada diperolehnya izin pendirian dan penyelenggaraan sekolah, tantangan di depan mata ialah bagaimana menyelenggarakan pendidikan yang sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan.

Perjalanan sekolah di era 1970-an diwarnai pernik-pernik tantangan sekaligus peluang. Mulai dari terbatasnya sarana dan prasarana, anggaran biaya operasional, hingga sumber daya manusia. TK dan SD Kristen Aletheia Ampenan terus berjuang dalam keterbatasan. Buahnya adalah sebuah realitas dinamika kecenderungan ke arah kemajuan dan perkembangan yang membanggakan. Pada gilirannya di era 1980-an, didirikan SMP Kristen Aletheia Ampenan. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan di siang hari seuasi pembelajaran TK dan SD. Tak dapat dielakkan bahwa yang terjadi di lapangan tidaklah semulus yang dicita-citakan, yaitu sekolah yang bermutu dan dipercaya oleh masyarakat. Dalam perjalanannya Sekolah Kristen Aletheia Ampenan di era 1980-an mengalami pasang surut dan bahkan nyaris tutup buku.

Di era 1990-an, di bawah kepemimpinan Ir. Steven Suminyanto D, Ketua Badan Pelaksana Pendidikan Sekolah Kristen Aletheia Ampenan, TK dan SD Kristen Aletheia Ampenan berbenah lebih keras demi mewujudkan sekolah yang baik dan bermutu sebagaimana yang dicita-citakan oleh para tokoh pendiri, seperti William Thomas dkk. Di era itu fokus upaya pembenahan dan peningkatan mutu diarahkan pada jenjang TK dan SD, sementara itu SMP Kristen Aletheia Ampenan dibekukan untuk kurun waktu kurang dari 20 tahun sebelum akhirnya dibuka kembali operasional SMP Kristen Aletheia Ampenan yang dimulai tahun pelajaran 2003/2004 dengan manajemen satu atap, SD-SMP Terpadu Sekolah Kristen Aletheia Ampenan.

Kini, dalam kurun waktu lebih dari tiga dasawarsa, Sekolah Kristen Aletheia Ampenan telah berkembang menjadi salah satu sekolah yang diminati dan diberi kepercayaan oleh masyarakat luas baik di Kota Mataram dan sekitarnya maupun dari luar kota Mataram. Selain itu, kebutuhan sarana dan prasarana pembelajaran terus dilengkapi guna menjawab tuntutan dalam proses pendidikan. Salah satunya sarana indoor dan outdoor playground berbasis edukasi dan karakter juga telah dimiliki dan sedang diupayakan pembangunnya pada tahun 2013. Saat ini, Sekolah Kristen Aletheia Ampenan (Kelompok Bermain, TK, SD, dan SMP) telah terakreditasi dengan kualifikasi nilai A. Berbagai prestasi telah diukir, mulai di tingkat kota, provinsi, nasional hingga internasional.

Data empiris menunjukkan bahwa lulusan SD dan SMP Kristen Aletheia Ampenan dapat diterima pada sekolah-sekolah berkualifikasi maju baik di kota Mataram maupun di kota-kota di Jawa bahkan di luar negeri. Para pemangku kepentingan sebagian besar menyatakan kepuasannya terhadap mutu siswa yang dihasilkan oleh Sekolah Kristen Aletheia Ampenan, yang hingga kini telah mencapai 302 orang siswa lulusan SMP Kristen Aletheia Ampenan dan 947 orang siswa lulusan SD Kristen Aletheia Ampenan. Dengan mengusung visi “Pendidikan dalam kebenaran yang hakiki dan berwawasan holistis untuk mencapai masa depan pasti.” Sekolah Kristen Aletheia Ampenan bertekat untuk terus mengabdikan diri di tengah masyarakat yang semakin kritis dan cerdas dalam menuntut pelayanan pendidikan yang baik dan bermutu. Eureka Aletheia!


Pendidikan dalam kebenaran yang hakiki dan berwawasan holistis demi masa depan pasti

  1. Melaksanakan tugas pendidikan dan pengajaran secara bertanggung jawab.
  2. Menciptakan suasana sekolah yang menyenangkan.
  3. Menciptakan mutu.
  4. Memberitakan kabar kebenaran.
  5. Menciptakan harmoni.
  6. Menciptakan keindahan.
  7. Melakukan inovasi-inovasi
  8. Memberikan pelayanan yang akseptabel
//