PEMBELAJARAN TIK di SD SMP KRISTEN ALETHEIA AMPENAN

BY Vironika Endras Bhairawati, S.Pd

Perkembangan TIK ( Teknologi Informasi dan Komunikasi )

Dewasa ini perkembangan TIK ( Teknologi Informasi dan Komunikasi ) berkembang sangat pesat dan telah membawa perubahan dalam kehidupan manusia. Perangkat komputer dan Gadget menjadi hal yang sangat lumrah. Oleh karena itu kita harus dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan yang ada.

SD - SMP Kristen Aletheia sebagai salah satu sekolah swasta di Kota Mataram menyadari bahwa keberadaan TIK ( Teknologi Informasi dan Komunikasi )  sangat diperlukan bagi peserta didik. Hal ini dilakukan untuk memberikan bekal kepada peserta didik sejak dini untuk siap  menghadapi era teknologi yang tentunya penggunaan teknologi informasi banyak digunakan dalam kehidupan sehari- hari.  

Materi Pembelajaran TIK di Tengah Pandemi Covid-19

Pada Kurikulum KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD SMP Kristen Aletheia) Tahun Ajaran 2020/2021 Pembelajaran TIK ( Teknologi Informasi dan Komunikasi ) tetap ada. Pembelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) sebagai muatan lokal untuk peserta didik kelas III s. d  IX .

Pada kondisi Pandemi Covid-19 ini Silabus Pembelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)  yang telah dirancang sebelumnya tidak bisa diterapkan. Oleh karena itu Silabus Pembelajaran TIK harus disesuaikan dan dikembangkan dengan keadaan saat ini. Hal ini tidak mudah untuk dilakukan, mengingat tidak semua peserta didik mempunyai laptop/komputer di rumah.

Saya selaku Kepala Sekolah, memberikan arahan- arahan dalam penyusunan “Silabus Pembelajaran TIK Darurat Covid-19”, agar peserta didik tidak mengalami kesulitan dalam menerima materi pembelajaran dan pembelajaran TIK tetap bisa dilakukan. Pak Cris dan  Pak Ridwan selaku guru TIK langsung mengimplentasikan dan menyusun  Silabus Pembelajaran TIK  Darurat  Covid-19 .

Dengan  keahlian yang tidak diragukan lagi, Pak Cris dan  Pak Ridwan memberikan ide – ide  kreatif  dan membuat tutorial dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran TIK dapat berjalan dengan baik.        

Materi untuk pembelajaran SD  fokus pada editing video pendek , pengenalan teknik editing dengan kinemaster.

Sedangkan untuk pembelajaran SMP fokus pada acara berkomunikasi massa dan pembuatan animasi dengan kinemaster.

Semua materi pembelajaran dilakukan dengan menggunakan  Hp Android .

Pak Chris dalam kesempatan terpisah menyampaikan, “Kendala pembelajaran TIK ( Teknologi Informasi dan Komunikasi ) secara online / daring adalah ketika ada teknik yang peserta didik harus mensetting secara manual”. Senada dengan Pak Cris, Pak Ridwan juga mengatakan bahwa, “Pembelajaran secara online /daring ini mempunyai kesulitan tersendiri, guru harus lebih kreatif dalam menyampaikan materi agar memudahkan peserta didik menerima materi pembelajaran“.

Proses pembelajaran di SD menekankan pada pengenalan aplikasi android dan penerapannya dalam kehidupan sehari- hari .

Proses pembelajaran di SMP berpusat pada tiga konsep ilmu komputer yaitu mengumpulkan , menyusun , dan membuat . Untuk melatih itu semua, dipilih materi pembelajaran editing sebagai langkah agar peserta didik dapat memahami tiga konsep ilmu computer.

Menurut Kiera Melati Gagiano Junaedi dan Jesica Nadia Wibowo Kelas VIA bahwa,” Pembelajaran TIK(Teknologi Informasi dan Komunikasi) saat ini sangat menyenangkan dan dengan hanya menggunakan HP Android  kita bisa membuat kinemaster.”.

Sebagai indikator keberhasilan pembelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di  SD Kristen Aletheia adalah peserta terbiasa memanfaatkan teknologi berbasis android.

Sedang untuk yang di SMP adalah peserta didik mampu menerapkan teknik berfikir logic untuk menyusun sebuah konsep pemikiran sendiri secara mandiri .

Semoga dengan pembelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) saat ini , peserta didik SD SMP Kristen Aletheia tidak ketinggalan zaman dan siap menyongsong era teknologi yang lebih canggih lagi.  

ANAK- ANAK SKA HEBAT !

MAJU BERSAMA SEKOLAH KRISTEN ALETHEIA