Happy Easter KB-TK

By ;Helta Magrita Kalalo, S.Pd,

Kegiatan Paskah tahun 2021 ini masi pada masa pandemi covid-19 dimulai dengan Ibadah hari Jumat 9 April 2021 dilakukan dengan virtual melalui kegiatan Zoom, yang sudah ada di upload di youtube SKA Ampenan, bertemakan Trust and Obey atau Percaya dan Taat dengan ditunjukkan percaya dan taat kepada Tuhan Yesus yang sudah mati, bangkit dan hidup kembali dan barangsiapa yang mau percaya kepadaNya akan  beroleh hidup kekal  di dalam kerajaan sorga, Yesus sudah menang mengalahkan Iblis dan menjadi juruselamat. Anak juga taat kepada perintah dan nasehat orangtua, guru atau orang yang lebih tua. Di masa pandemi ini membuat anak-anak lebih banyak dengan orangtua dalam belajar. Apa yang  orangtua lakukan dirumah menjadi teladan bagi anak seperti menerapkan ajaran Firman Tuhan dan perintahNya dan senantiasa bersyukur dalam segala hal. Cerita Firman Tuhan melalui Panggung Boneka, anak-anak sangat antusias dalam menyaksikan. Makna dari Paskah terutama dalam lomba Parenting walaupun belum menjadi juara  tetap bersyukur dan sudah berusaha memberi yang terbaik dari kemampuan yang dimiliki dan yang sudah mendapat juara tetap berlatih agar lebih optimal.

Kelanjutan dari kegiatan Paskah yaitu Lomba parenting yaitu menghias  Telur Paskah yang dilakukan anak bersama orangtua dirumah. Pada saat menghias telur paskah orangtua membuat video selama 2 menit dan pengumpulannya dibatasi hari Sabtu 10 April 2021 dan bukti fisik yaitu hari Kamis 15 April 2021 dan pengumuman Sabtu 17 April 2021. Partisipasi, dukungan dan Kerjasama orangtua sangat kami apresiasi bahwa dalam kegiatan lomba yang memang diwajibkan sebagai salah satu syarat penilaian, ini sebetulnya bertujuan membangun dan menjalin hubungan yang akrab, harmonis antara orangtua dan anak sehingga semakin dekat, orangtua mengetahui sejauh mana kemampuan seni atau keterampilan anak berkembang, mereka juga ditanamkan rasa peduli terhadap barang-barang bekas yang bisa bermanfaat, kreatifitas orangtua juga mendukung rasa ingin tahu anak terhadap hasil karya yang dibuat.

Dari penilaian juri oleh Bapak Efraim Tefa selaku guru SDK Aletheia, yaitu untuk bahan bekas rata-rata orangtua sudah menggunakan. Ada bahan alam ada yang pabrikan. Untuk hasil ada yang unik, ide kreatif sederhana tapi memiliki nilai dan pesan yang bermakna dan bentuk utuh dari sebuah bentuk mendekati sempurna yang disampaikan. Semua hasil kreatif, diharapkan dalam  pengambilan video  dengan  orangtua bisa terlihat jelas dan kerjasama anak dan orangtua terjalin baik. Jadi untuk kemandirian anak mengerjakan sendiri sudah baik tapi karena lomba ini Parenting jadi peranan orangtua sangat dibutuhkan dalam penilaian. Durasi video yaitu 2 menit, apabila melebihi waktu yang ditetapkan cukup berpengaruh terhadap penilaian. Orangtua bisa mempersiapkan dan membagi dengan anak tugas dan kreatifitas orangtua untuk mengambil momen-momen kerjasamanya.   Dari hasil lomba inilah pemenang

Kelompok Bermain : Juara I: Giselle Janice Tan, Juara II: I Made Kiandra Radeva Nareswara, Juara III: Brilliant Sumangkut. Kelompok TK-A : Juara I: Desak Made  Cahya Wulandari, Juara II: Ni Putu Pica Gauri Artha , Juara III: Tristan Kenzie Hariadi.

Kelompok TK-B: Juara I: Clairine Christabelle Sugiyanto, Juara II: Ester Taruli Zaneta Siagian, Juara III: Karin Olivia Agatha.

Selamat ya untuk anak-anak dan orangtua yang  Sudah memperoleh juara, bagi yang belum tetap semangat. Terima kasih untuk orangtua yang mendukung dan bekerjasama dengan baik  pada kegiatan lomba Parenting menghias telur Paskah. Kami segenap guru KB-TK mengucapkan Selamat Hari Paskah, Tuhan Yesus memberkati.