Kronik MPLS SKA 2021 BELAJAR TANPA BATAS

By Rusdi Arjiman

Sukses. Itulah kata yang tepat untuk pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di Sekolah Kristen Aletheia (SKA) Mataram. Meskipun secara daring (online), tapi semangat dan antusias, baik bapak ibu guru sebagai panitia maupun siswa sebagai peserta nampak demikian besar. Betapa tidak, sejak pembukaan hari Senin, 12 Juli 2021 yang diikuti oleh siswa dari kelas satu hingga kelas sembilan, sampai penutupan hari Jumat, 16 Juli 2021 dapat dikatakan dihadiri hampir seratus persen. Antusias dan semangat ini ditunjukkan pula pada setiap sesi yang diisi oleh para narasumber yang berkompeten di bidangnya masing-masing. Hari pertama dengan sesi Perkenalan Wali Kelas, dilanjutkan hari ke dua dengan kegiatan senam supaya badan terasa lebih segar. Senam ini dilaksanakan dari rumah masing-masing dengan mengikuti contoh yang diberikan oleh Miss Fera secara online. Seru! Semua gembira. Dan yang pasti, bertambah semangat untuk mengikuti MPLS sampai akhir.

Para narasumber juga tidak kalah semangat dan antusias dalam menyampaikan materi. Ini tentu karena dipengaruhi oleh semangat dan antusias peserta MPLS yang aktif mengikuti setiap paparan yang dilakukan secara interaktif. Seperti yang diungkapkan oleh narasumber yang langsung menyampaikan materinya dari Jakarta melalui zoom meeting yaitu, Bapak Jean Hendry Souisa mengatakan bahwa hari ini sebenarnya ia telah dijadwalkan untuk memberikan materi kepada komunitas guru yang ada di kabupaten Bintuni Provinsi Papua Barat. Namun, karena ia ingin terlebih dahulu mengisi di SKA Mataram, maka ia minta agar di  Bintuni diundur sehari atau besoknya baru diisi. Narasumber berikutnya adalah Ibu dr. Sang Ayu Kompiyang, Sp.A. tidak kalah semangat dalam menyampaikan materinya tentang Kesehatan, khususnya kesehatan mata.

Dan, yang paling membanggakan adalah salah satu dari narasumber merupakan alumni SKA yang kini sudah menjadi dokter yaitu, dr. Ervin Melcianto, yang pada kesempatan ini memaparkan masalah Kesehatan pada peserta MPLS, khususnya pesrta dari kelas IV, V, dan VI. Begitu pula, dengan narasumber berikutnya yaitu, Bapak Robert William Musung, ST. yang membawakan materi tentang Motivasi Belajar, adalah wali murid atau orang tua dari Kenzo dan Kenzi yang saat ini duduk di kelas IV. Sedangkan, narasumber terakhir, adalah dari salah satu tenaga pendidik di SKA sendiri yaitu, Miss Lamro Sitanggang, M.Th. yang memberikan materi Bina Karakter kepada seluruh peserta MPLS SKA 2021.

“MPLS tahun ini sangat seru meskipun diselenggarakan melalui zoom di tengah situasi pandemi covid-19 yang semakin mengganas. Tapi, hal ini membuat saya semakin bersemangat untuk sekolah. Yah, kita doakan saja semoga covid ini segera berakhir,” demikian dikatakan oleh Rhea Deandra salah satu peserta MPLS dari kelas VII.

Senada dengan yang disampaikan oleh peserta lainnya, yaitu, Chelsea dan Keira yang juga sama-sama dari kelas VII “Ya, seru dan menginspirasi! Kita terasa terbimbing walaupun lewat online,” kata mereka saat dihubungi via whatsapp sehari setelah berakhirnya MPLS SKA 2021.

Seperti yang telah disampaikan di awal.  Semangat dan antusiasme peserta MPLS tak pernah kendor mulai dari pembukaan sampai penutupan kegiatan. Semua itu telah menunjukkan sejauh mana kualitas yang dimiliki oleh SKA yang selama ini tak kenal kata menyerah dalam mendidik dan membimbing peserta didiknya untuk meraih prestasi demi prestasi. Seperti, yang disampaikan oleh Ibu Diana, perwakilan dari Ikatan Komite Orang Tua Murid Aletheia (IKOMA) dalam kata sambutannya pada saat membuka kegiatan MPLS SKA 2021 “Dalam kesempatan ini, izinkan saya selaku Komite Sekolah menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan rasa bangga orang tua/wali murid atas dedikasi Bapak/Ibu guru dalam mendidik anak-anak kami, menjadi anak-anak yang berkarakter dan memiliki pengetahuan yang membanggakan, meskipun di tengah pandemi covid-19 yang tak kunjung hilang. Untuk itu, pada tahun ajaran 2021/2022 ini, kami percayakan kembali kepada Sekolah Kristen Aletheia untuk mendidik anak-anak kami, khususnya sebagai peseta didik baru di kelas 1 SD dan di kelas 1 SMP. Besar harapan kami. Apa yang sudah kita raih saat ini,  mari kita pertahankan dan tingkatkan lagi dalam kinerja proses belajar mengajar yang bermuara pada peningkatan mutu yang ditunjukkan oleh prestasi demi prestasi yang telah diraih selama ini.”

Puncak kemeriahan tentu saja pada saat penutupan (Jumat, 16 Juli 2021). Peserta didik memakai kostum dengan baju kaos putih dan hiasan kepala yang merupakan kreasi unik dari masing-masing peserta MPLS SKA 2021 ini. Lalu, mereka selfi dan memposting hasilnya secara japri ke wali kelas masing-masing. Selanjutnya, wali kelas meneruskan ke bagian IT sekolah untuk diupload ke web SKA.

“Memang, sengaja saya buat sedikit “heboh” acara penutupan ini. Meskipun secara online, namun kita usahakan agar tetap berkesan di hati anak-anak yang pada ujungnya nanti, mereka akan cinta dan bangga bersekolah di Aletheia. Tunjukkan pelayanan terbaik untuk mereka sebagai bukti bahwa, kita berkualitas!” demikian ditegaskan oleh Ibu Vironika Endras Bhairawati, S.Pd. Kepala SD-SMP Kristen Aletheia Mataram di sela-sela kesibukannya pada acara penutupan MPLS SKA 2021.  E U R E K A !!

MAJU TERUS!

BERSAMA SKA MERAIH PRESTASI GEMILANG