Semarak Hari Batik Nasional 2021 LESTARI BUDAYAKU di Sekolah Kristen Aletheia Ampenan

By Rusdi Arjiman, S.Sos.

Sejak UNESCO menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan dalam kehidupan berbudaya “Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity” atau budaya lisan dan budaya takbendawi pada tanggal 2 Oktober 2009. Sejak itu pula, peringatan Hari Batik Nasional dirayakan sebagai wujud kebanggaan bangsa Indonesia yang memiliki budaya asli yang akui dunia.

Peringatan Hari Batik Nasional 2021 juga berlangsung di Sekolah Kristen Aletheia Kota Mataram, 2 Oktober 2021 dengan semarak melestarikan budaya, khususnya budaya Lombok. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain: Lomba mewarnai diikuti oleh siswa kelas I s.d. kelas VI dan lomba menggambar doodle oleh siswa kelas VII s.d. kelas IX, dengan tema “Lestari Budaya – Budaya Lombok”.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta didik SKA mulai dari kelas 1 sd  kelas IX. Setiap kelas dipilih 6 peserta terbaik untuk diberikan apresiasi oleh kepala sekolah. Puncak acara dilaksanakan hari Senin, 4 Oktober 2021. Acara dimulai pukul 08. 00 wita diawali dengan suguhan “Dance” yang dibawakan oleh Chantika, Syita, dan Naya (siswa kls 1 dan 2). Tampil menggunakan batik bemotif bunga dengan perpaduan warna cerah dan indah membuat suasana perayaan Hari Batik Nasional 2021 ini makin semarak.

“Peringatan Hari Batik Nasional 2021 ini, meskipun kita rayakan di tengah pandemi, namun tidak mengurangi semangat dalam melestrarikan budaya yang kita miliki. Kini, batik sudah menjadi tren dalam fashion modern yang membanggakan. Bangga memakai batik, lestari budayaku. Selamat Hari Batik Nasional 2021,” demikian disampaikan oleh Ibu Vironika Endras Bhairawati,  S.Pd. dalam kata sambutannya saat membuka acara perayaan Hari Batik Nasional 2021 yang mengambil tempat di AULA SKA sendiri. E U R E K A!!

MAJU TERUS

BERSAMA SKA MERAIH PRESTASI GEMILANG