Program Unggulan Ektrakurikuler

By Ni Nyoman Swerdiasih

Hai… .. sobat SKA  KB, TK  kami ingin menampilkan salah satu program unggulan yang ada di sekolah TK Kristen Aletheia yaitu ekstrakurikuler.

Penasaran ekstrakurikuler apa saja yang ada ya….?

Ini dia……….

  • Menari

    Kenapa memilih ektra menari ? Karena tari untuk anak usia dini dapat melatih perkembangan psikomotorik  anak, menumbuhka rasa percaya diri, empati satu sama lain sehingga terbentuk karakter  yang baik sejak usia dini

    Dalam kegiatan ini, anak – anak melakukan berbagai gerakan olah tubuh menjadi suatu gerakan yang indah, enerjik dan bersuka cita. Oh…ya sebelum masa pandemic, anak – anak yang mengikuti ekstra menari sering meraih prestasi gemilang pada event yang ada di Kota Mataram.

    Anak – anak juga sering menampilkan bakatnya pada perayaan hari – hari besar seperti Natal , Imlek dan masih banyak lagi kegiatan yang menjadi ajang performance mereka.

    Walaupun dalam masa pandemi Covid – 19 di tahun ke dua ini kami tetap bersemangat melakukan pembinaan yang lebih konsisten dan berkelanjutan supaya bakat yang dimiliki anak bisa terasah lebih oftimal.

    Pembina ekstra ini adalah Ms Yeyen di bantu oleh guru – guru yang memiliki bakat dibidang seni tari.

  • Mewarnai / melukis

    Pilihan ektra mewarnai  juga tidak kalah pentingnya karena  anak dapat memvisualisasikan apa yang ada dalam pikirannya, imajinasi sederhana yang dimilikinya dapat dituangkan dalam bentuk gambar dan warna kesukaanya, anak yang berbakat dalam seni lukis ini cendrung memiliki daya kreativitas yang tinggi karena mereka dapat memahami bentuk ruang, konsep warna fantasi yang dimiliki tertuang dalam bentuk karya seni, tentu saja kemampuan ini tidak sama pada setiap anak.

    Biasanya sebelum kegiatan berlangsung, anak anak – anak diajak bermain tebak gambar. Kegiatan ini yang paling disukai anak –anak ekstra mewarnai.

    Sekolah Kristen Aletheia juga meraih beberapa pretasi dalam bidang ini.

    Diasuh oleh Bapak Budi salah satu seniman yang ada di Kota Mataram.

    Di bawah asuhan  Pak Budi potensi dan kemampuan anak – anak yang memiliki bakat di bidang seni lukis  akan terasah untuk dapat terus berkembang.

    Pak Budi ini tidak sendiri loh… beberapa guru yang memiliki bakat dalam bidang seni mewarnai juga  ikut terjun membantu membimbing dan memotivasi anak – anak.

  • Bina Vokalia atau sering disebut kelas musik

    Moms………… bernyanyi ternyata bisa memberi banyak manfaat positif bagi perkembangan dan kepribadian anak, anak yang sering berlatih bernyanyi akan memiliki rasa percaya diri dan perkembangan emosional yang lebih baik. Selain manfaat itu bernyanyi juga dapat meningkatkan kesehatan pernapasan pada anak .

    Disadari atau tidak sebenarnya para orang tua sudah melatih kemampuan bernyanyi pada anak sejak baru lahir, dalam tahap perkembangannya bakat bakat yang lain mulai tampak pada anak.

    Aktivitas ekstrakurikuler pada kelas musik  di Tk kristen Aletheia  mengajarkan tekhnik pernapasan, anak juga dilatih menggunakan diksi, artikulasi  serta intonasi suara dengan baik termasuk juga pengendalian volume suara.

    Lama latihan 90 menit … waktu yang sangat memuaskan untuk berlatih, di kelas ini tidak hanya berlatih bernyanyi saja. mereka juga diajak bermain peran oleh guru – guru pendamping    pelatih.

    Untuk pelatih bina vokalia yaitu Ms Herlina Tarigan. Beliau aktif dalam melatih vokal di Gereja.

    Nah… dari Ms Herlina inilah Sekolah Kristen Aletheia melahirkan vokalis –vokalis cilik.

    Kami berfikir sangatlah tepat menyalurkan perkembangan bakat dan minat anak  di TK kristen Aletheia Ampenan.