Dari Peringatan HARI GURU NASIONAL 2021 di SKA Ampenan "Mendidik dengan Hati"

by Rusdi Arjiman, S.Sos.

Tema besar yang diangkat oleh pemerintah dalam rangka Hari Guru Nasional 2021ini adalah “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”. Hari Guru Nasional tidak terlepas dari sejarah berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada 25 November 1945.  Berdirinya organisasi ini tidaklah mudah. Mengingat, saat itu masa kependudukan Jepang. Segala organisasi yang berkaitan dengan pendidikan dilarang. Bahkan, sekolahpun ditutup.
Tapi, meskipun dalam pengawasan pemerintahan militer Jepang, guru-guru mulai bersatu untuk meyelenggarakan Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta. Dari sinilah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) terbentuk.

Kini, pada usianya yang ke-76, momentum Hari Guru Nasional 2021 yang berada dalam situasi sulit seperti sekarang ini, tema “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan” terasa membangkitkan kembali perjuangan awal yang menuntut perjuangan tanpa pamrih. Dengan kata lain, para pendahulu kita bergerak dengan hati yang tulus untuk memberikan Pendidikan kepada generasi penerus demi mencapai cita-cita bangsanya.

Semangat itulah yang harus dihadirkan pada setiap kesempatan yang ada. Seperti, kesempatan pada saat upacara bendera memperingati Hari Guru Nasional 2021 ini di lingkungan Sekolah Kristen Aletheia Ampenan. Upacara yang diikuti oleh guru, karyawan, serta peserta didik berlangsung penuh khidmad. Bertindak sebagai Pembina Upacara Kepala SD-SMP Kristen Aletheia Ampenan, Ibu Vironika Endras Bhairawati, S.Pd. Dalam kata sambutannya,  Ibu Vironika menekankan semangat tak kenal menyerah dalam belajar meski di tengah pandemic yang mengganas.

Peringatan HGN 2021 di SKA kali ini mendapat respon yang luar biasa dari peserta didik. Terbukti,  dengan persembahan yang disuguhkan oleh peserta didik sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada guru-guru yang selama ini telah mendidik dan mengajarkannya ilmu pengetahuan yang bermaanfaat utuk kehidupannya.. Tampil pertama kali Putu Gede Ari Sokya Bratajaya mewakili seluruh siswa menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada guru dan berkomitmen untuk belajar lebih giat dan lebih baik lagi agar dapat memberikan kebanggaan kepada guru-guru yang selama ini telah mendidiknya dengan hati. Hati yang penuh kesabaran dan ketulusan. Berikutnya, tampil paduan susara dari siswa-siswa kelas VII mempersembahkan lagu “Surat Cinta Kepada Guru”. Kemudian, berturut-turut persembahan dari siswa-siswi kelas II membawakan lagu “Terima Kasih Guruku” disusul performance dari siswa-siswi kelas IV berupa “Dance” dan sebagai tampilan terakhir adalah suguhan dari siswa-siswi kelas VI menyuguhkan drama berjudul “Prank Hari Guru” yang cukup membuat penonton tertawa.

“Dari semua ini,  yang terpenting adalah semangat mereka yang membuktikan bahwa,  mereka tetap antusias mengikuti setiap pembelajaran meskipun di tengah pandemic seperti ini,” demikian disampaikan oleh Ibu Fera Harianti selaku Wakil Kepala SD-SMP Kristen Aletheia. Dalam kesempatan yang sama,  Ibu Vironika Endras Bhairawati, S.Pd. menambahkan “ Kita perlu menanamkan kesadaran pada peserta didik agar selalu memiliki sikap hormat pada guru. Tahu berterima kasih. Selalu menjaga kesopanan terhadap guru-gurunya yang telah menyediakan waktu, tenaga, dan pikirannya untuk mendidiknya supaya menjadi orang yang berguna bagi bangsa dan negaranya di masa depan,” demikian Ibu Viro menandaskan usai upacara bendera memperingati HGN 2021 di halaman Sekolah Kristen Aletheia (25/11/20210).

Pahlawan tanpa tanda jasa. Demikian orang memanggilnya. Memang, karena tanda jasanya ada pada siswa siswinya yang kini sudah menjadi “orang” yang mungkin saja sekarang sudah banyak menerima tanda jasa dari negara. Selamat Hari Guru Nasional 2021. Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”. E U R E K A !!

TERUS MAJU!

BERSAMA SKA MERAIH PRESTASI GEMILANG