KEGIATAN DALAM RANGKAIAN NATAL 2021

Oleh: Anita Theresia Sinaga, SP

Ho…ho…ho…Natal telah tiba. Tentunya sukacita sekali dalam menyambutnya. Hal yang sama dirasakan oleh keluarga besar KB-TK Kristen Aletheia Ampenan. Dalam menyambut Natal tahun 2021 ini, ada beberapa kegiatan yang dilakukan, antara lain yaitu Bakti Sosial (Peduli Kasih) dan Lomba membuat kartu Natal dari barang bekas.

Dalam kegiatan Bakti Sosial (Peduli Kasih) orang tua murid terlibat dalam mendukung kegiatan tersebut. Orang tua murid di lingkup KB-TK berpartisipasi dalam memberikan sumbangan berupa sembako dan uang. Sangat mengharukan, karena keterlibatan orang tua murid antusias dalam mendukung kegiatan tersebut.

Setiap orang tua murid memiliki rasa peduli yang baik dan mau memberikan dukungan dengan optimal. Kerjasama ini sangat positif dalam memberikan contoh teladan kepada anak-anak dalam menunjukkan kepedulian kepada sesama.

Pengumpulan dalam kegiatan Bakti Sosial (Peduli Kasih) dilakukan sampai tanggal 30 November 2021. Dari hasil pengumpulan untuk kegiatan Bakti Sosial, rencananya ditujukan/disalurkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan, antara lain Panti Asuhan, para petugas penyapu jalan, anak-anak di sekitar lingkungan sekolah yang membutuhkan.

Sehubungan dengan penerima bantuan tersebut, akhirnya dilakukan pengalihan pemberian sumbangan kepada  pihak-pihak yang lebih membutuhkan, yaitu korban bencana meletusnya Gunung Semeru dan juga korban dari bencana banjir yang terjadi di wilayah kota Mataram, Lombok Barat dan sekitarnya. Adapun perubahan tersebut berkaitan dengan peristiwa meletusnya Gunung Semeru, sehingga pihak Sekolah Kristen Aletheia melakukan pemberian sumbangan secara bersama-sama dalam wadah Yayasan Sekolah Kristen Aletheia Ampenan. Bantuan diberikan dalam bentuk uang, sehingga memudahkan untuk pendistribusian bagi pihak yang memerlukan (korban bencana meletusnya Gunung Semeru). Bagi saudara-saudara yang mengalami musibah banjir di wilayah Kota Mataram. Lombok Barat dan sekitarnya, diberikan bantuan berupa sembako.

Kegiatan ini sungguh memberikan teladan yang sangat baik bagi anak murid dari sejak dini di lingkup KB-TK Kristen Aletheia Ampenan, dan sebagai pihak sekolah juga sangat berterima kasih atas peran orang tua dalam mendukung kegiatan  Bakti Sosial (Peduli Kasih).

Kegiatan lain dalam rangka menyambut Natal yaitu adanya lomba  membuat kartu Natal dari barang bekas. Dalam kegiatan lomba ini merupakan kegiatan parenting yang sangat menyenangkan, karena pembuatannya dilakukan kerjasama orang tua dan anak. Hal ini sangat menggali kreativitas orang tua dan menunjukkan kebersamaan dengan anak dalam menghasilkan karya yang kreatif.     

Lomba dilakukan di setiap jenjang yaitu KB (Kelompok Bermain), TK A dan TK B. Waktu yang diberikan dalam pembuatan kartu Natal dari barang bekas cukup panjang, sehingga kreativitas orang tua dapat tergali dengan optimal. Waktunya diberikan mulai pertengahan bulan November sampai tanggal 10 Desember  2021.

Orang tua dari tiap jenjang sangat antusias mengikutinya. Diambil 3 pemenang dari tiap jenjang. Penjurian dilakukan oleh 3 (tiga) juri yang kompeten  dalam hal tersebut. Ketiga juri tersebut adalah Bpk. Hendratno (dari pihak BPP), Bpk. Efraim Tefa (guru di lingkup SD-SMP Kristen Aletheia Ampenan), Bpk. Budi Frans (Seniman yang memiliki banyak pengalaman dalam penjurian , baik di tingkat Kota maupun Propinsi bahkan kegiatan Nasional).

Dalam penjurian dilakukan dengan profesional dan sangat terbuka. Penjurian dengan melihat adanya kerjasama dari orang tua dan anak saat mengerjakan (dilihat melalui video yang dikirimkan orang tua kepada pihak sekolah KB-TK Aletheia Ampenan). Selain itu penjurian juga dilihat dari durasi video yang diberikan yaitu maksimal 3 menit, unsur lain yang menjadi penilaian yaitu hasil karya yang ditampilkan oleh orang tua, adanya nilai kreativitas yang optimal dan tentunya didominasi dengan barang bekas, sehingga menjadi kartu Natal yang indah, menarik dan menunjukkan hasil karya seni yang indah dan berfungsi dengan optimal. Wahhhh…banyak hasil karya yang menarik lohhhh, sehingga dewan juri benar-benar harus melakukan penilaian dengan teliti.

Dari hasil penilaian juri diperoleh pemenangnya sebagai berikut:

Kelompok Bermain

  1. Grania Levina Setyohadi
  2. Felizio Ezra Kunum
  3. I Made Kiandra Radeva Nareswara

Kelompok TK A

  1. Giselle Janice Tan
  2. Gwenneth Febriani Chandra
  3. Jovan Pradipta Kusumajaya

Kelompok TK B

  1. Gwenaelle Charisse Zefanya Borsalino
  2. Putu Dinda Maharani Permana
  3. Kelvin Mikhael Angelino Chandra

Wahhhh…selamat untuk para pemenang…dan yang belum berhasil, tentunya tidak perlu kecewa, karena semua hasil karya sudah menarik, tetapi pada kesempatan kali ini diambil yang paling terbaik. Terus semangat ya!

Sekali lagi…selamat untuk semuanya ya…selamat juga untuk boleh berbagi bersama dalam kegiatan Bakti Sosial (Peduli Kasih) dan Selamat Natal untuk kita semua…Selamat menyambut Tahun Baru 2022. Sukacita selalu, sehat sejahtera dan Tuhan memberkati.