ALETHEIA EXPRESSION 2022

By Rusdi Arjiman

Serangkaian kegiatan di bulan Mei memang sangat padat bagi Sekolah Kristen Aletheia Ampenan dengan berbagai kegiatan. Mulai dari peringatan Hari Pendidikan Aletheia (HPA),  tanggal 1 Mei, diisi dengan penampilan Aletheia’s Ensamble,  paduan suara binaan Ibu Erlina Tarigan, yang tampil memukau di GKT GLORIA Cakranegara.

Kemudian, dilanjutkan dengan tanggal 2 Mei Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS). Berhubung tanggal tersebut adalah hari libur, maka upacara bendera dilaksanakan tangggal 13 Mei 2022 serentak di seluruh Indonesia. Tema HARDIKNAS tahun ini adalah “PIMPIN PEMULIHAN, BERGERAK UNTUK MERDEKA BELAJAR”. DI SKA sendiri, pelaksanaan upacara bendera memperingati Hari Pendidikan Nasional {HARDIKNAS) cukup khidmat, diikuti oleh peserta didik SD dari kelas I – V dan peserta didik SMP dari kelas VII-VIII, kecuali kelas VI dan IX baru saja menyelesaikan Ujian Sekolah sehingga mereka istirahat di rumah.

Dalam kata sambutannya, yang dibacakan oleh Bu Yola selaku pembina upacara, Menteri Pendidikan Nasiona Republik Indonesia menyampaikan bahwa, semua kita adalah pemimpin, memimpin diri sendiri ke arah yang lebih baik,  memimpin dalam perubahan gerak Pendidikan menuju MERDEKA BELAJAR. Peringatan HARDIKNAS diisi dengan lomba pidato Bahasa Inggris (English Speech) dengan tema “PENDIDIKAN NASIONAL DAY”yang diikuti oleh peserta didik kelas IV dan kelas V. Selanjutnya,  untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) tanggal, 20 Mei, sekolah juga menyelenggarakan lomba pidato Bahasa Inggris dengan tema “AWEKANING DAY” , pilihan tema ini dimaksudkan agar peserta didik dapat meneladani para pemuda pelopor Pergerakan Nasional yang telah memberikan kesadaran kepada bangsa Indonesia akan pentingnya arti persatuan dan kemerdekaan. Lomba ini diikuti oleh peserta didik kelas VII – VIII. Kegiatan berikutnya adalah “TELLING ABOUT ALETHEIA SCHOOL” menceritakan tentang sekolah yang diikuti oleh peserta didik kelas I s.d. III.  Seluruh rangkaian kegiatan ini,  juga dimaksudkan dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional (HARBUKNAS) 17 Mei 2022.

“Program ini kita laksanakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan meningkat kegemaran membaca, khusus dalam keterampilan menggunakan Bahasa Inggris. Kegiatan ini juga diakses sebagai nilai keterampilan untuk mata pelajara Bahasa Inggiris pada nilai semester genap. Seluruh rangkaian kegiatan ini dimulai hari ini, 17 Mei sampai dengan tangga 23 Mei 2022,” demikian Ibu Vironika Endras Bhairawati, S.Pd. menjelaskan di tengah rutinitasnya selaku kepala sekolah.  E U R E K A !!

MAJU TERUS

BERSAMA SKA MERAIH PRESTASI GEMILANG