Berita

LESTARI BUDAYAKU “Fashion Show"  Hari Batik Nasional 2022 di Sekolah Kristen Aletheia Ampenan

LESTARI BUDAYAKU “Fashion Show" Hari Batik Nasional 2022 di Sekolah Kristen Aletheia Ampenan

SMP | 2022-10-04

By Rusdi Arjiman, S.Sos.

Puncak peringatan Hari Batik Nasional 2022  di Sekolah Sekolah Kristen Aletheia Ampenan diselenggarakan Senin, 3 Oktober 2022 disemarakkan dengan Fhasion Show Kostum Batik dan Menulis Artikel Sejarah Batik di Indonesia oleh peserta didik kelas 1-9.

Fhasion Show Kostum Batik ini diikuti oleh peserta didik SKA mulai dari Fase A (kelas 1-2), Fase B (kelas 3-4), dan Fase C (kelas 5-6).   Sedangkan, Menulis Artikel Sejarah Batik diikuti oleh Fase D (kelas 7 – 9). Setiap kelas dipilih 3 peserta terbaik untuk diberikan apresiasi oleh kepala sekolah. Acara dimulai pukul 08. 00 wita diawali dengan penyampaian kriteria lomba oleh Dewan Juri dan sambutan oleh Kepala Sekolah.

Selanjutnya, mengawali acara fashion show tampil dari kelas 1A dan berturut-turut 1B, 2A, 2B, 3A , dan diakhiri oleh tampilan kelas 6B yang cukup menarik perhatian Dewan Juri. Tampil lucu dan menggemaskan.  Itulah kesan dominan dari gaya dan ekspresi yang disuguhkan peserta  fashion show di atas catwalk. Ada yang was-was bahkan takut sebelum tampil, tapi begitu sudah mulai melenggak-lenggok di atas catwalk, percaya diri mereka muncul, terbukti dengan gaya mereka yang luwes dan menggemaskan.

“Ini seru. Heboh. Saya senang banget dan bangga bisa menampilkan budaya Indonesia dengan memakai batik,” ucap Viona Callista Ariadini salah satu peserta dari kelas VI B.

“kita berharap setiap tahun tetap diadakan fashion show batik seperti ini. Kita sebagai generasi bangsa benar-benar bangga terhadap budaya warisan nenek moyang kita yang kini telah diangkat menjadi warisan dunia,” tambah Catherine Gabrielle Sharo peserta fashion show dari kelas yang sama.

Kegiatan ini melibatkan pihak orang tua murid, setidaknya didaulat menjadi anggota Dewan Juri untuk kegiatan Fashion Show. Mereka adalah, Ibu Yuliana Puspasari Wijaya, Ibu Kusuma Dewi, Ibu Sarah Santoso, Ibu Rondine Alva N.R., dan Ibu Ni Made Pipin Fitria A. Mengenai penyelenggaraan Fashion Show Busana Batik ini sendiri, menurut salah anggota dewan juri mengatakan, “Acara ini bagus. Memang harus kita berikan ruang untuk anak-anak berekspresi dalam bentuk fashion. Ke depannya, harapannya adalah lebih banyak peserta lagi. Lebih siap lagi dalam gaya dan keluwesan. Anak-anak kita memiliki potensi yang luar bisa,” jelas Ibu Yuliana Puspasari W. salah satu anggota dewan juri yang sempat kami temui di sela istirahat.

Sebenarnya, kegiatan dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional 2022 ini sudah dimulai sejak tanggal 23 September 2022 yang lalu dengan lomba mewarnai Gambar Batik yang diikuti oleh peserta didik dari kelas 1 – 9 yang dilaksanakan di AULA SKA sendiri.

Sejak UNESCO menetapkan Batik sebagai warisan budaya“Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity” atau budaya lisan dan budaya tak bendawi pada tanggal 2 Oktober 2009. Sejak itu pula, peringatan Hari Batik Nasional dirayakan sebagai wujud kebanggaan bangsa Indonesia yang memiliki budaya asli yang diakui dunia.

“Peringatan Hari Batik Nasional 2022 ini, kita rayakan dengan penuh semangat. Karena, kita memiliki budaya yang menjadi warisan dunia. Inilah wujud kebanggaan kita, dalam melestrarikan budaya yang sudah menjadi tren dalam fashion modern yang membanggakan. Bangga memakai batik, lestari budayaku. Selamat Hari Batik Nasional 2022,” demikian disampaikan oleh Ibu Vironika Endras Bhairawati,  S.Pd. dalam kata sambutannya saat membuka acara perayaan Hari Batik Nasional 2022 di AULA Sekolah Kristen Aletheia Ampenan. E U R E K A !!

MAJU TERUS

BERSAMA SKA MERAIH PRESTASI GEMILANG

Admin Website

Admin website akan menginput semua data ke dalam website SKA Ampenan. Jika anda memiliki artikel atau foto dan info menarik mengenai SKA Ampenan dan ingin dimuat dalam website ini silahkan hubungi admin di [email protected]

Ikuti Kami

Veritas, Libertas, Caritas

KEBENARAN, KEMERDEKAAN, CINTA KASIH Menghasilkan anak didik yang mencintai Tuhan, berperilaku dan bersikap santun, berjiwa mandiri, cerdas, serta siap menghadapi tantangan zaman.

Youtube Channel

Facebook Page


Kontak Kami

[email protected]
Jl. Majapahit No.47, Taman Sari, Ampenan, Mataram City, West Nusa Tenggara 83114. Buka Google Map

Kebijakan Privasi

Kotak Surat


Copyright © Rounin Visual
Sekloah Kristen Aletheia Ampenan