Berita

SERUNYA BELAJAR DENGAN ROBOTIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

SERUNYA BELAJAR DENGAN ROBOTIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

SD-SMP | 2019-08-25
Oleh: Yolanda Indamari Kristanti, S.Pd. Seiring dengan berjalannya waktu dan zaman, terjadi perubahan tingkah laku pada pendidik dan peserta didik dari masa ke masa. Hal ini terlihat pada perubahan sistem pendidikan di Indonesia yang semakin berkembang ke arah teknologi. Banyak strategi atau metode dalam proses belajar mengajar yang berkembang dengan menggunakan teknologi agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya secara maksimal. Perubahan strategi atau metode seperti ini merupakan dampak dari Revolusi Industri 4.0 terhadap Pendidikan di Indonesia. Revolusi Industri 4.0 adalah nama tren dari sistem otomatisasi industri, dimana membutuhkan koneksi internet untuk segala aktifitas yang ditandai dengan kemunculan super komputer atau robot pintar. Era revolusi industri 4.0 merupakan tantangan berat bagi guru Indonesia jika tidak mengubah cara mendidik dan belajar mengajar. Sistem pendidikan membutuhkan gerakan pembaruan untuk merespon era industri 4.0. Salah satu gerakan yang dilakukan SD Kristen Aletheia untuk merespon tantangan ini adalah dengan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi dalam setiap proses pembelajaran. Mulai dari penyampaian materi setiap Subtema menggunakan Power Point, latihan yang menggunakan aplikasi KAGOQUI (Kahoot, Google Form, dan Quizizz), sampai pengaplikasian robotik dalam penyampaian materi atau konsep. Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media robotik dilaksanakan pada saat penyampaian Subtema Ketiga (Energi Alternatif) di Tema 2 (Selalu Berhemat Energi) untuk mata pelajaran IPA Kelas IV. Peserta didik yang telah memahami tentang macam-macam sumber energi dan manfaatnya diajak melihat secara langsung bagaimana sumber energi dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah dengan menggunakan robotik yang digerakkan oleh energi dari cahaya matahari dan angin. Peserta didik dapat melihat secara langsung bagaimana sumber energi alternatiif dapat dimanfaatkan untuk aktifitas sehari-hari. Keseruan belajar dengan menggunakan media robotik di era revolusi industri 4.0 ini terlihat dari tulisan kesan peserta didik diakhir pembelajaran. Empat kesan terbaik yang ditulis peserta didik sebagai berikut: 1. Chloe Angela Rusli (Kelas IV B) Hari ini seru sekali karena bisa melihat demo robotik. Demo robotik ini keren sekali karena bisa bergerak dengan menggunakan panel surya, baterai, dan bisa keduanya. Ada demo robotik yang pakai angin tapi di sekolah baling-baling digerakkan pakai baterai. Seru sekali di pelajaran IPA dengan Bu Yola karena bisa belajar dengan demo robotik. Sekarang saya tahu manfaat energy alternatif matahari, air, dan angin. Sekarang saya harus hemat energi. 2. Davin Alvaro Gunawan (Kelas IV B) Saat pelajaran IPA, saya melihat robotnya tidak memerlukan baterai tapi robotnya dapat bergerak menggunakan sinar matahari. Robot kedua hanya menggunakan kipas tetapi kipasnya perlu digerakkan dengan baterai. Robot yang kedua lebih cepat dari pada robot pertama. Robot pertama menggunakan panel surya. Panel suryanya menyerap cahaya matahari. Panel surya memerlukan sinar matahari untuk bergerak dan tanpa sinar matahari tidak dapat bergerak dan tanpa panel surya, tapi ada sinar matahari, tidak dapat bergerak. Kalau robot kedua memerlukan kipas untuk menggerakkan robot. Robot kedua itu perlu kipas dan kipasnya perlu baterai. 3. Reynata Prabawa (Kelas IV B) Tadi saya melihat demo robotik dan saya baru tahu bahwa energi matahari banyak manfaatmya. Robot itu bergerak karena matahari, lalu ada juga demo robotik yang menggunakan energi angin. Demo robotik itu bergerak karena menggunakan panel surya, matahari menyerap cahaya sehingga robotik itu bergerak sendiri. Tapi, jika cahaya matahari ditutup, robotik itu tidak bisa bergerak karena tidak sinar matahari. 4. Stevano Valentino Suwardi (Kelas IV B) Saya melihat robot bergerak menggunakan tenaga matahari dan angin. Robot itu menggunakan panel surya dan turbin. Saya sangat senang sekali. Saya suka sekali pelajaran IPA. Saya sangat senang. Ada 2 robot yang berbentukk seperti mobil. Sangat seru kita melakukan demo robotik. Saya melakukan pengamatan di lapangan. Praktek ini mobilnya menggunakan panel surya menggunakan tenaga alami. Turbin merubah energi angin menjadi listrik. Kegiatan ini sangat seru sekali. IPA mempelajari tentang Energi. Menghemat Energi adalah kegiatan baik. Terima kasih Bu Yola untuk robotnya. Dunia pendidikan di era revolusi industri 4.0 memang penuh dengan tantangan, tetapi bukan berarti kita tidak dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini. Peserta didik perlu diajak untuk senang belajar karena belajar itu menyenangkan. Keseruan belajar di era saat ini ternyata tidak kalah dengan banyaknya game yang menjamur

Admin Website

Admin website akan menginput semua data ke dalam website SKA Ampenan. Jika anda memiliki artikel atau foto dan info menarik mengenai SKA Ampenan dan ingin dimuat dalam website ini silahkan hubungi admin di [email protected]

Ikuti Kami

Veritas, Libertas, Caritas

KEBENARAN, KEMERDEKAAN, CINTA KASIH Menghasilkan anak didik yang mencintai Tuhan, berperilaku dan bersikap santun, berjiwa mandiri, cerdas, serta siap menghadapi tantangan zaman.

Youtube Channel

Facebook Page


Kontak Kami

[email protected]
Jl. Majapahit No.47, Taman Sari, Ampenan, Mataram City, West Nusa Tenggara 83114. Buka Google Map

Kebijakan Privasi

Kotak Surat


Copyright © Rounin Visual
Sekloah Kristen Aletheia Ampenan