Tips Jitu Belajar Matematika dari Rumah Anti Bingung, Students Wajib Tau !

Oleh: Tri Agustina Puja Pratiwi, S.Pd

Tahun 2020 dipenuhi dengan kata “pertama kalinya”. Seperti kita sering ucapkan atau dengarkan “pertama kalinya anak-anak belajar dari rumah” sebagai imbas dari adanya pandemic corona.  Social distancing yang tengah dijalani anak-anak dengan di rumah saja, membuat mereka jenuh dan menumpuknya rasa rindu dengan guru serta teman-teman sekolahnya.

Selama anak-anak belajar dari rumah, tentunya banyak kendala yang akan ditemui. Kendala yang biasanya terjadi, saat anak-anak belajar matematika yaitu mereka menemui kebingungan tetapi tak bisa mengungkapkan secara langsung dengan gurunya begitupula sebaliknya.  Kami guru-guru matematika Sekolah Kristen Aletheia Ampenan memberikan tips jitu belajar matematika yang bisa students lakukan,  Apa sajakah ?

  1. Menaati Jadwal Harian

Pastikan anak-anak menempel jadwal pelajaran yang sudah diberikan sekolah dengan rapi. Biasakan anak-anak bangun pagi dan sarapan, lalu jalankan jadwal belajar yang sudah diberikan.

  1. Belajar dari rumah dengan memanfaatkan aplikasi tatap muka

Anak-anak bisa memanfaatkan aplikasi tatap muka yaitu zoom saat belajar matematika dengan gurunya di sekolah. Anak-anak menyimak dengan baik saat diberikan penjelasan oleh bapak/ibu gurunya. Lalu, jangan lupa bertanya bila ada kesulitan menghitung atau menjawab soal matematika.

  1. Bermain kuis matematika seru dengan menggunakan Quizizz

Parents, untuk menghilangkan kejenuhan belajar matematika, anak-anak bisa mengikuti kuis seru dengan quizizz yang diberikan oleh gurunya. Anak-anak merasa tertantang untuk menjawab dan mengingat materi lebih efektif.

          Seperti yang diungkapkan oleh Justin Giovanno, perwakilan anak kelas 3 Sekolah Dasar Kristen Aletheia Ampenan saat belajar secara daring di tahun ajaran baru 2020/2021, ia merasa senang bertemu dengan bapak/ibu guru serta teman-teman sekolahnya melalui zoom. Bertemu lewat zoom cukup mengobati rasa rindunya walaupun dari jarak jauh. Pendapat lainnya yang telah mencoba tips di atas yakni  Jocelyn Quinn Nathalee. Celyn menyatakan bahwa ia bisa bertanya langsung, bila ada yang ia tidak mengerti dari penjelasan bapak/ibu gurunya melalui zoom. Semoga tips jitu di atas bisa membantu students untuk belajar matematika dari rumah tanpa bingung ya. Selamat mencoba. Salam Eureka Aletheia.