Berita

Health Promoting School

Health Promoting School

SD-SMP | 2017-08-18

BY : Vironika Endras Bhairawati S,Pd

PROGRAM HEALTH PROMOTING SCHOOL   adalah salah satu program SEKOLAH KRISTEN ALETHEIA  AMPENAN yang mengadakan  pelayanan kesehatan  meliputi Pemeriksaan Kesehatan Gigi dan Mulut , Pemeriksaan Kesehatan Mata , dan Pemeriksaan Kesehatan THT. Program HEALTH PROMOTING SCHOOL   secara rutin kami laksanakan setiap tahunnya dan program ini telah berjalan selama 4 tahun.

Berdasarkan Undang – Undang Kesehatan No 23 tahun 1992 meyebutkan bahwa penyelenggaraan kesehatan sekolah dimasudkan untuk  meningkatkan kemampuan hidup sehat bagi peserta didik guna memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan harmonis dan optimal menjadi sumber daya manusia yang lebih berkualitas.

PROGRAM HEALTH PROMOTING SCHOOL   kali dimulai dengan Pemeriksaan Gigi      dan Mulut yang dilakukan oleh drg.Liem Frisca Anastasia.Kegiatan tersebut dilaksanakan  pada Bulan Agustus 2017 saat mata  Pelajaran Pelajaran Physical Education dan diikuti oleh semua siswa SD, SMP KRISTEN ALETHEIA AMPENAN   .

Adapun tujuan   Pemeriksaan Gigi dan Mulut adalah 1)  Siswa mempunyai pengetahuan tentang kesehatan gigi dan  mulut. 2) Siswa mempunyai sikap / kebiasaan memelihara diri terhadap kesehatan gigi dan mulut. 3) Dan untuk mengetahui status kesehatan Gigi dan Mulut siswa sebagai salah satu upaya deteksi dini, jika siswa memiliki masalah kesehatan Gigi dan Mulut yang perlu ditindaklanjuti lebih serius lagi dengan cara dirujuk ke Puskesmas / Dokter

Sedangkan manfaat  Pemeriksaan Gigi dan Mulut adalah 1)Meningkatnya Kesehatan Gigi dan Mulut siswa , 2) Meningkatnya pengetahuan tentang Kesehatan Gigi dan Mulut siswa , 3) Meningkatnya kebiasaan sikap / kebiasaan pelihara diri terhadap kesehatan gigi dan mulut siswa ,  4) Dan siswa mendapatkan pelayanan pemeriksaan gigi dan mulut.

Kesehatan Gigi dan Mulut merupakan salah satu komponen kesehatan secara menyeluruh dan tidak dapat diabaikan  terutama pada anak Sekolah Dasar. Masa usia anak sekolah merupakan masa untuk meletakkan landasan kokoh bagi terwujudnya manusia yang berkualitas , dan kesehatan merupakan faktor yang menentukan kualitas sumber daya manusia

Kita seringkali melupakan akan pentingnya menjaga kesehatan Gigi dan Mulut. Sepertinya ada kecenderungan di masyarakat bahwa memeriksakan kesehatan gigi hanya penting saat sakit gigi saja , bahkan ada yang sampai tidak memeriksakan ,hingga giginya  tidak tertangani lagi . Pendidikan mengenai bagaimana menjaga kesehatan Gigi dan Mulut yang sehat sangat kurang. Gigi dan Mulut yang sehat merupakan cermin tubuh yang sehat juga. 

Dari segi pendidikan seorang anak tidak bisa konsentrasi ketika sedang sakit gigi, bahkan kemampuan belajarpun akan menurun . Hal ini tentunya akan mempengaruhi prestasi siswa ,baik prestasi Akademik maupun prestasi Non Akademik. Di samping itu anak – anak juga  menjadi rawan kekurangan gizi  karena mempengaruhi selera makan anak.

Pada pemeriksaan Gigi dan Mulut untuk kelas I – IV masih   banyak ditemukan gigi siswa yang kurang sehat ( berlubang ), sedangkan untuk kelas V-IX kondisi gigi siswa secara umum sudah sehat.  

   

JADWAL PEMERIKSAAN GIGI DAN MULUT

No

HARI/TANGGAL

WAKTU

KELAS

 

 

1.

Selasa,1-08-2017

07.30 - selesai

IIIA – IIIB

 

2.

Rabu,2-08-2017

07.30 - selesai

II A  - II B

 

3.

Kamis,3-08-2017

07.30 – selesai

V A -   V B

 

4.

Senin, 7-08-2017

07.30 – selesai

I A – I B

 

5.

Selasa,8-08-2017

07.30 – selesai

VII A – VII B

 

6.

Rabu,9-08-2017

07.30 – selesai

IV A – IV B

 

7.

Kamis,10-08-2017

07.30 – selesai

VIII A – VIII B

 

8.

Senin,14-08-2017

07.30 – selesai

VIA – VI B

 

9.

Selasa,15-08-2017

07.30 – selesai

IX A – IX B

 

Admin Website

Admin website akan menginput semua data ke dalam website SKA Ampenan. Jika anda memiliki artikel atau foto dan info menarik mengenai SKA Ampenan dan ingin dimuat dalam website ini silahkan hubungi admin di [email protected]

Ikuti Kami

Veritas, Libertas, Caritas

KEBENARAN, KEMERDEKAAN, CINTA KASIH Menghasilkan anak didik yang mencintai Tuhan, berperilaku dan bersikap santun, berjiwa mandiri, cerdas, serta siap menghadapi tantangan zaman.

Youtube Channel

Facebook Page


Kontak Kami

[email protected]
Jl. Majapahit No.47, Taman Sari, Ampenan, Mataram City, West Nusa Tenggara 83114. Buka Google Map

Kebijakan Privasi

Kotak Surat


Copyright © Rounin Visual
Sekloah Kristen Aletheia Ampenan