PERINGATAN DETIK-DETIK PROKLAMASI HUT ke-76 RI di SKA AMPENAN – KOTA MATARAM

By Rusdi Arjiman

Khidmad. Itulah kesan yang terasa saat pelaksanaan upacara memperingati HUT ke-76 Republik Indonesia oleh tenaga pendidik dan kependidikan Sekolah Kristen Aletheia (SKA) Ampenan-Kota Mataram, Selasa, 17 Agustus 2021 bertempat di halaman SKA sendiri.  Meskipun dengan protokol kesehatan yang ekstra ketat, namun bapak ibu guru serta karyawan nampak antusias mengikuti rangkaian upacara yang tengah berlangsung. Upacara memperingati HUT ke-76 RI di SKA tahun ini tidak diikuti oleh peserta didik. Memang itu sengaja dilakukan untuk mencegah kerumunan dan kontak langsung dari peserta didik maupun orang tua pegantar yang dapat saja terjadi tanpa disadari.

Bertindak selaku pembina upacara Bapak Lukas W. Rido, setelah menyampaikan Proklamasi tanpa teks alias dihafal, kemudian dilanjutkan membacakan sambutan tertulis Gubernur Nusa Tenggara Barat yang pada intinya meminta masyarakat, khususnya yang berkecimpung dalam dunia Pendidikan agar tetap semangat di tengah pandemi yang belum mereda sampai saat ini. Selesai upacara peringatan HUT ke-76 RI, dilanjutkan dengan pemutaran video detik-detik proklamasi tahun 1945. Acara ini berlangsung dengan meriah. Peserta didik mengikuti dari rumah masing-masing via zoom.

Rangkaian acara memperingati HUT ke-76 Republik Indonesia di SKA Ampenan diakhiri dengan membacakan nama para pemenang  dalam acara “Meraih Bintang”, yaitu juara  membaca Narasi Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Para pemenang lomba ini diambil kejuaraan perkelas. Mulai kelas 4 sampai dengan kelas 9. Sedangkan kelas 1 sampai dengan kelas 3 menyelenggarakan lomba mewarnai.

“Kita berharap semangat dari proklamasi ini dapat diwarisi oleh para peserta didik maupun pendidik dan tenaga kependidikan untuk tetap semangat dalam pelaksanaan proses pembelajaran meski di tengah keterbatasan yang disebabkan oleh covid-19 ini,” demikian disampaikan oleh Ibu Vironika Endras Bhairawati, S.Pd. Kepalah Sekolah SD-SMP Kristen Aletheia di tempat terpisah usai dibacakan nama-nama pemenang lomba dalam acara “Meraih Bintang”. E U R E K A !!

MAJU TERUS

BERSAMA SKA MERAIH PRESTASI GEMILANG