Meraih Bintang – SUMPAH PEMUDA – BULAN BAHASA

By Andry Juliansyah, M.Pd

Negara Kesatuan Republik Indonesia lahir karena dipertegas oleh sikap dan komitmen pemuda untuk Berbangsa Satu, Bertanah Air Satu dan Berbahasa Satu, Indonesia. Komitmen untuk bangsa dan tanah air Indonesia diikrarkan para pemuda dalam Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928, hasil rumusan dari Kerapatan Pemoeda Pemoedi atau Kongres Pemuda II. Sumpah Pemuda telah menjadi jiwa dan semangat yang terus terpatri dalam hati sanubari para pemuda, semangat Sumpah Pemuda harus tetap ada setelah kemerdekaan bangsa Indonesia.

Dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda, Sekolah Kristen Aletehia (SKA) Ampenan melaksanakan lomba Meraih Bintang dengan tema SUMPAH PEMUDA – BULAN BAHASA (Bersatu Kita Kuat)”. Lomba ini wajib diikuti oleh seluruh peserta didik tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kegiatan di mulai Sabtu, 9 Oktober 2021 dan masih menggunakan metode online. Adapun bentuk Lomba antara lain: SD Kelas I – III ‘Lomba Membaca Teks Sumpah Pemuda’, SD Kelas IV – VI ‘Lomba Pidato’ dan SMP Kelas VII – IX ‘Lomba Pidato’.

Pelaksanaan lomba, pertama, sosialisasi oleh Guru Bahasa Indonesia  Sabtu, 9 Oktober 2021 Pukul 09.00 WITA, kedua, pengumpulan karya di Google Classroom Bahasa Indonesia, dan ketiga, batas akhir pengumpulan karya Senin, 18 Oktober 2021 Pukul 10.00 WITA. Sedangkan untuk ketentuan lomba, SD Kelas I – III: teks disiapkan guru, peserta didik membaca teks dan tidak dubbing dan pakaian bertema perjuangan, SD Kelas IV – VI: ketentuannya sama, hanya berbeda di durasi video 2 – 5 menit, dan SMP Kelas VII – IX: ketentuannya sama, hanya berbeda di teks pidato disiapkan peserta didik.

Hasil karya peserta didik akan dinilai oleh dewan juri, juara dipilih perkelas dari juara 1, 2, dan 3 mendapatkan Piala dan Sertifikat. Pengumuman pemenang Kamis, 28 Oktober 2021 melalui Website dan Media Sosial SKA. Hasil karya ini juga masuk dalam Penilaian Akhir Semester (PAS) Bahasa Indonesia. Peserta didik sangat antusias khususnya kelas kecil (SD Kelas 1 – 3) selama mengikuti lomba peringatan Sumpah Pemuda dan sangat happy dapat menggunakan pakaian bertema perjuangan.

“Kita berharap semangat dan komitmen kebangsaan, cinta tanah air , dan persatuan dalam Sumpah Pemuda dapat tumbuh dan dirasakan oleh peserta didik ketika mengikuti lomba Meraih Bintang peringatan Sumpah Pemuda, kemudian dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari kedepannya.” Demikian harapan oleh Ibu Vironika Endras B., S.Pd selaku Kepala Sekolah SD-SMP SKA Ampenan,

E U R E K A !!

BERASAMA SKA MERAIH PRESTASI GEMILANG