Kids sains “ telur terapung”

By Ms. NI NYOMAN SWERDIASIH

Wow …… serunya kegiatan virtual sains yang diikuti oleh anak –anak baik itu yang ada di sekolah Kristen Aletheia dan anak – anak dari luar lingkup Aletheia yang diselenggarakan pada hari sabtu 23 Oktober 2021.

Kali ini kita memilih topik sains “ telur terapung”

Kenapa anak – anak belajar sains… ?

Karena dengan belajar sains akan mengembangkan ketrampilan hidup termasuk kemampuan berkomunikasi tentang proses pengamatan yang dilakukannya, sehingga membentuk sebuah pendapat menurut mereka sendiri. Sains juga dapat mengembangkan indra mereka.

Dalam kegiatan ini anak – anak diminta menyiapkan tiga gelas, garam air dan telur. Kegiatan ini melalui virtual aplikasi, penyaji yaitu guru yang sangat berbakat dalam bidangnya disajikan secara menarik yang tentunya versi anak, melalui kegiatan ini  anak - anak tampak sangat antusias, mereka sudah tidak sabar untuk segera melakukan kegiatan percobaan.

Nah bagian paling seru yaitu waktunya anak – anak melakukan kegiatan sains berbagai celotehan mereka terdengar karena beberapa menit tidak di mute, ada yang yang berteriak horeeeee …….

“Ada yang bilang aku berhasil……!”

“Ada yang bilang kok aku ndak bisa….!”

Ndak kalah menariknya, host tetap memotivasi mereka “ayo… anak – anak, pasti bisa…!”

“Ayo… dicoba terus…!”

Betapa senangnya melihat mereka akhirnya semua berhasil, mereka juga diminta membuat kesimpulan hasil percobaannya. Luar biasa anak yang cerdas.

Penyaji sains juga memberi kejutan bagaimana telur bisa masuk kedalam botol.

Di ujung sana kedengaran suara “aku mau mencoba !”

Di akhir kegiatan anak –anak diajak bermain quizizz, tentunya anak – anak yang berhasil menjawab quiz mendapat bingkisan menarik.

Menyenangkan dan seru….. tunggu kegiatan menarik berikutnya ya…!