Berita

Kunjungan ke Museum NTB "REKAM JEJAK BUDAYA BANGSAKU"

Kunjungan ke Museum NTB "REKAM JEJAK BUDAYA BANGSAKU"

SMP | 2023-07-20

By Rusdi Arjiman

ALETHEIA (20/07/23). Hari ketiga pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMP Kristen Aletheia Mataram tahun ajaran 2023/2024, panitia membawa peserta didik untuk berkunjung ke Museum NTB yang kebetulan tidak jauh dari lingkungan sekolah atau kurang lebih sekitar 500 meter. 

Seru! Peserta Didik dengan antusias melihat, mempelajari, dan mencoba memahami sisa-sisa kehidupan masa lalu berupa artefak peninggalan zaman Paleolithikum, Neolithikum, dan zaman Perundagian. Tentu saja, ini merupakan kegiatan MPLS yang sangat bermanfaat dan bermutu. Peserta Didik sedikit tidak memahami kehidupan masa lampau dari melihat rekam jejak bangsanya.

“Saya mencoba mempelajari budaya dari benda-benda peninggalan dari kehidupan masa lampau yang sangat menarik ini,” kata Alden kelas 8B dengan semangat. Begitu pula, dengan teman-teman yang lain nampak gembira dapat berkunjung ke Museum NTB ini, seperti Kenichi kelas 9B misalnya, ia sangat senang karena sudah lama tidak berkunjung ke mari. “Sudah lama saya tidak berkunjung. Senang sekali, sekarang baru dapat lagi ke mari lewat kegiatan MPLS ini,” paparnya. 

Berkunjung ke Museum NTB untuk belajar dan menambah pengetahuan tentang benda-benda sejarah dari kehidupan masa lalu masyarakat Lombok (Sasak), Sumbawa (Samawa), dan Bima (Mbojo). Dengan melihat benda-benda peninggalan ini peserta didik dapat memahami bagaimana berlangsungnya kehidupan masa lampau di daerahnya, khususnya NTB. Seperti diketahui bahwa, anak-anak zaman sekarang hidup dalam situasi dan kondisi yang jauh berbeda dari masa lampau.  Mereka mungkin sulit memahami kondisi masa lampau. Tetapi, dengan mengunjungi Museum dapat membantu peserta didik memahami dan turut merasakan nuansa kehidupan masa lampau itu.

Salah seorang peserta kegiatan, Aurel dari kelas 8B menyampaikan bahwa, kegiatan ini sangat baik dapat membantu peserta didik dalam memahami bagaimana kehidupan zaman dahulu itu berlangsung, “ Dengan melihat benda-benda sejarah peninggalan masa lampau ini, kita jadi tahu bagaimana kehidupan zaman dahulu kala itu berlangsung,”katanya meyakinkan.

“Sangat memesona. Barang-barang peninggalannya luar bisa menarik untuk dipelajari. Meskipun, saya sering ke mari, tetapi tetap kagum akan benda-benda peningggalan zaman dahulu kala ini, “ ujar Bu Asri Kusumawati, S.Pd.     E U R E K A !!

 

BERSAMA SKA MERAIH PRESTASI GEMILANG

Admin Website

Admin website akan menginput semua data ke dalam website SKA Ampenan. Jika anda memiliki artikel atau foto dan info menarik mengenai SKA Ampenan dan ingin dimuat dalam website ini silahkan hubungi admin di [email protected]

Ikuti Kami

Veritas, Libertas, Caritas

KEBENARAN, KEMERDEKAAN, CINTA KASIH Menghasilkan anak didik yang mencintai Tuhan, berperilaku dan bersikap santun, berjiwa mandiri, cerdas, serta siap menghadapi tantangan zaman.

Youtube Channel

Facebook Page


Kontak Kami

[email protected]
Jl. Majapahit No.47, Taman Sari, Ampenan, Mataram City, West Nusa Tenggara 83114. Buka Google Map

Kebijakan Privasi

Kotak Surat


Copyright © Rounin Visual
Sekloah Kristen Aletheia Ampenan