Berita

TOPAZ GLOBAL EDUCATION  Makin Banyak Peminat Babak Final Tingkat Nasional 2022  di SKA AMPENAN

TOPAZ GLOBAL EDUCATION Makin Banyak Peminat Babak Final Tingkat Nasional 2022 di SKA AMPENAN

SMP | 2022-07-05

By Rusdi Arjiman

Peserta Olimpiade TOPAZ yang diselenggarakan oleh Sekolah Kristen Aletheia (SKA) Ampenan makin banyak diikuti oleh siswa SD dan SMP dari berbagai kota dan kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), terbukti pada penyelenggaraan Olimpiade hari Minggu, 3 Juli 2022 ini yang mana merupakan Babak Final Oimpiade TOPAZ Tingkat Nasional yang dikuti oleh 200.peserta dari Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu dan Kota Bima.

“Antusiasme dari peserta OlImpiade TOPAZ untuk wilayah Nusa Tenggara Barat boleh dikatakan cukup besar. Dari tahun ke tahun peserta terus bertambah. Mata pelajaran yang dilombakan adalah Matematika, Bahasa Inggris, dan Siciens. Hari ini (3/7), mereka mengikuti Babak Final Tingkat Nasional,” kata Ketua Penyelenggara Olimpiade Topaz Global Education Tingkat Nasional untuk wilayah Nusa Tenggara Barat, yang sekaligus sebagai kepala SD-SMP Kristen Aletheia, Ibu Viro Endras Bhairawati, S.Pd.

Penyelenggaraan Olimpiade TOPAZ kali ini dibarengi dengan pameran dari Team Robotik SD-SMPK Aletheia dan pameran Lukisan hasil karya siswa SD-SMPK Aletheia, serta Bazaar yang diadakan oleh pengurus OSIS Sekolah Kristen Aletheia (OSISKA). Team Robotik menampilkan Robot Eskavator dan Robot Kincir Angin. Team Robotik SD-SMP Kristen Aletheia tahun lalu berhasil meraih Juara I Robotik Tingkat Nasional yang diselenggarakan di Surabaya.

Sedangkan, untuk pameran lukisan diadakan atraksi “melukis sepatu” oleh siswa-siswi SD-SMPK Aletheia, di bawah bimbingan Pak Budi selaku guru lukis yang mengarahkan anak-anak dalam atraksinya.

“Ini suatu yang baru. Kita gunakan media berupa “Sepatu” untuk dilukis oleh anak-anak. Tentu ini merupakan suatu tantangan yang cukup merangsang kreativitas bagi anak-anak,” demikian Pak Budi menjelaskan.

Di samping berkesempatan untuk memamerkan hasil karya siswa siswinya, ajang Olimpiade ini juga dimanfaatkan oleh Sekolah Kristen Aleteheia untuk menjaring calon peserta Didik Baru, khususnya untuk jenjang SD dan SMP. Ketua Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Ibu Ni Nyoman Septiani Tri Sulastri, S.Pd..mengatakan, “Memang, pameran dan bazaar ini sengaja kami lakukan pada ajang Olimpiade TOPAZ kali ini dengan menunujukkan hasil karya, baik berupa Robotik atau Lukisan siswa-siswi SD-SMPK Aletheia sebagai hasil belajar yang berkualitas di SKA kepada orang tua dan peserta Olimpiade dengan tujuan untuk menarik minat para calon Peserta Didik Baru.”

Sementara, Contact Person TOPAZ untuk wilayah Nusa Tenggara Barat, Ibu Fera Haryanti, S.Pd. juga mengatakan hal yang sama, “Panitia penyelenggara TOPAZ untuk wilayah NTB pada penyelenggaraan Olimpiade Tingkat Nasional kali ini menjalin kerja sama dan saling mendukung dengan panitia PPDB SD-SMPK Aletheia dalam menjaring Peserta Didik Baru.”

“Babak Final Olimpiade TOPAZ periode bulan Juli 2022 ini berlangsung hanya satu hari, yaitu pada hari Minngu, 3 Juli 2022 saja, yang diikuti dari jenjang SD dan SMP se NTB. Pelaksanaan Babak Final TOPAZ ini  dibatasi waktu yang ketat dalam penyelesaian soal-soal, yaitu untuk Matematika diberikan waktu 90 menit. Sedangkan, untuk Sience dan Bahasa Inggris 60 menit,” demikian disampaikan oleh Ibu Fera Haryanti, S.Pd. Contact Person Topaz Global  untuk wilayah Nusa Tenggara Barat.

Ajang Olimpiade TOPAZ yang menyelenggarakan Olimpiade Matematika, Sains, dan Bahasa Inggris semakin diminati oleh peserta didik.

“Sebenarnya ini adalah ajang melatih anak-anak berpikir kritis, tanggap, dan terbiasa menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada diri mereka. Memang, harus sejak dini kita lakukan. Saya memiliki putra saat ini duduk di kelas 2 SDIT Ashopa Praya Lombok Tengah,  namanya Lalu Altamis Ar Gyandev Hadi untuk pertama kali mengikuti Babak Final Olimpiade Matematika Level 1 Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Sekolah Kristen Aletheia (SKA) Ampenan ini,” demikian diungkapka oleh salah satu oran tua peserta Babak Final Olimpiade Matematika TOPAZ Tingkat Nasional 2022, Ibu Yuyut Yat Mei Hong penuh semangat mendampingi dan menunggui putranya.

Sekolah Kristen Aletheia Ampenan sebagai penyelenggara Olimpiade Topaz Global Education baik di Tingkat Daerah maupun Tingkat Nasional berharap peningkatan peserta Olimpiade TOPAZ ini merupakan indikasi akan kesadaran masyarakat dalam mempersiapkan putra-putrinya untuk menghadapi Globalisasi di segala bidang kehidupan. E U R E K A!!

BERSAMA SKA MERAIH PRESTASI GEMILANG

 

Veritas, Libertas, Caritas

KEBENARAN, KEMERDEKAAN, CINTA KASIH Menghasilkan anak didik yang mencintai Tuhan, berperilaku dan bersikap santun, berjiwa mandiri, cerdas, serta siap menghadapi tantangan zaman.

Youtube Channel

Facebook Page


Kontak Kami

[email protected]
Jl. Majapahit No.47, Taman Sari, Ampenan, Mataram City, West Nusa Tenggara 83114. Buka Google Map

Kebijakan Privasi

Kotak Surat


Copyright © Rounin Visual
Sekloah Kristen Aletheia Ampenan