Berita

TRANSISI PAUD SD YANG MENYENANGKAN

TRANSISI PAUD SD YANG MENYENANGKAN

KB-TK | 2024-02-21

Gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan adalah gerakan bersama yang mendasari transisi peserta didik PAUD ke SD dengan cara yang menyenangkan dan dimulai sejak tahun ajaran baru. 

Gerakan ini tujuannya untuk memastikan anak mendapatkan hak pendidikan sesuai kondisi kesiapan bersekolah. Transisi PAUD – SD merupakan proses perpindahan peran anak sebagai peserta didik PAUD menjadi peserta didik SD dan penyesuaian diri anak dengan lingkungan baru. Melalui adanya penguatan transisi PAUD ke SD diharapkan terjadi perubahan pada berbagai kegiatan di satuan pendidikan baik PAUD maupun SD. 

 

TK Kristen Aletheia Ampenan sangat mendukung kegiatan transisi PAUD ini sehingga pada tanggal 21 Februari 2024 TK Kristen Aletheia bekerja sama dengan SD Kristen Aletheia untuk malaksanakan kegiatan transisi PAUD tersebut. Kegiatan diawali dengan melakukan senam bersama, senam Pelajar Pancasila. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ms Anita selaku kepala sekolah TK Kristen Aletheia dan Ms Vero selaku kepala sekolah SD Kristen Aletheia. Beliau berdua sangat mendukung kegiatan transisi PAUD agar anak – anak dari PAUD mengenal lingkungan belajar di SD juga agar anak  lebih antusias mempersiapkan diri untuk bersekolah di SD.

Kegiatan selanjutnya adalah perkenalan. Anak – anak dari SD maupun dari TK bisa berkenalan dengan menyebutkan nama lewat permainan lempar tangkap bola. Guru sebagai pelempar bola, dan anak yang mendapatkan bola wajib menyebutkan namanya dengan keras. Agar anak – anak semakin semangat kegiatan transisi PAUD ini juga dikemas dengan beberapa game yang dimana game tersebut tidak hanya membuat anak bermain tetapi juga sekaligus membuat anak berlatih membaca dan berhitung. Game tersebut antara lain: menyusun kata acak secara berkelompok dengan melewati sinpai yang dipegang oleh temannya, berlari melewati papan titian kemudian menghitung stik es krim sesuai dengan angka yang telah disediakan dan yang terakhir anak – anak diminta untuk membuat kelompok masing – masing 5 orang dengan ketentuan anggota kelompok harus digabung antara anak TK dan anak SD lalu masing – masing kelompok menyusun urutan angka. 

Kegitan pembelajaran yang dikemas dalam bentuk game seperti ini adalah salah satu cara membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Setelah belajar sambil bermain, anak – anak diajak untuk makan bersama dan ditutup dengan kegiatan mengenal lingkungan belajar di SD. Dalam kegiatan ini anak – anak TK berkunjung ke kelas 1 A dan 1 B untuk melihat ruang kelas juga mendengar pengalaman dari anak – anak kelas 1 SD yang mewakili. Diharapkan dengan adanya kegiatan transisi PAUD – SD yang menyenangkan ini anak –anak TK semakin semangat untuk mempersiapkan diri masuk SD dan anak – anak TK akan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Terimakasih

 

Admin Website

Admin website akan menginput semua data ke dalam website SKA Ampenan. Jika anda memiliki artikel atau foto dan info menarik mengenai SKA Ampenan dan ingin dimuat dalam website ini silahkan hubungi admin di [email protected]

Ikuti Kami

Veritas, Libertas, Caritas

KEBENARAN, KEMERDEKAAN, CINTA KASIH Menghasilkan anak didik yang mencintai Tuhan, berperilaku dan bersikap santun, berjiwa mandiri, cerdas, serta siap menghadapi tantangan zaman.

Youtube Channel

Facebook Page


Kontak Kami

[email protected]
Jl. Majapahit No.47, Taman Sari, Ampenan, Mataram City, West Nusa Tenggara 83114. Buka Google Map

Kebijakan Privasi

Kotak Surat


Copyright © Rounin Visual
Sekloah Kristen Aletheia Ampenan