Berita

MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2023-2024

MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2023-2024

KB-TK | 2023-07-21

Wahhhhh…masa liburan sekolah sudah usai…dan tiba saatnya untuk masuk kembali ke sekolah. Bahagia rasanya untuk boleh hadir di sekolah.  Bahagiaaaa…ada teman baru, guru baru, kelas baru, mainan baru dan semuanya baru…asyikkk!

KB-TK Kristen Aletheia Ampenan, memulai hari pertama pada tanggal 17 Juli 2023. Wahhh..kegiatannya menyenangkan, antara lain:

  • Penyambutan pagi bagi anak murid di bagian depan dan belakang sekolah.

  • Berkumpul di halaman (menyanyi dan pengenalan guru serta teman kelompok)

  • Pembagian balon

Kegiatan hari pertama sangat menyenangkan dan orang tua juga mengantarkan putera-puterinya dengan sukacita.

Pada saat pengenalan guru, Ms Anita selaku Kepala KB-TK Kristen Aletheia Ampenan memberikan informasi tentang nama-nama guru di kelompok masing-masing yaitu:

Kelompok Bermain Yunior  :Ms Tantri dan Ms Helen
Kelompok Bermain Senior A :Ms  Ningsih dan Ms Nana
Kelompok Bermain Senior B :Ms Oka dan Ms Tasya
Kelompok A1  :Ms Ana dan Ms Tere
Kelompok A2  :Ms Umi dan Ms Ari
Kelompok B1  :Ms Agustin dan Ms Erika
Kelompok B2  :Ms Ester dan Ms Dwi
Kelompok B3  :Ms Nyoman dan Ms Susan

Selain itu Ms Anita juga menyampaikan tentang guru Bahasa Inggris di KB dan TK yaitu:

Kelompok Bermain (KB) :Ms Tasya
Kelompok A :Ms Dwi
Kelompok B :Ms Tere

Di TK A dan B juga akan dilakukan kegiatan Bahasa Mandarin melalui Online kerjasama dengan pihak Universitas di China …wahhhh semakin semangat ya untuk mengenal berbagai bahasa sejak dini.

Pada saat hari kedua, kegiatan MPLS-nya juga semakin asyik yaitu: permainan bersama secara kelompok. Untuk KB, TK A dan B dilakukan kegiatan permainan anak ayam dan elang. Wahhhh…benar-benar menyenangkan, karena setelah bermain, setiap anak diberikan makanan sebagai bentuk apresiasi kepada anak-anak murid yang sudah semangat bermain bersama.  

Nah, di hari ketiga, kegiatan MPLS yaitu menampilkan bakat anak-anak murid, antara lain menari, menyanyi lagu Bahasa Mandarin bersama. Saat kegiatan ini dilakukan, tentunya semakin menggali minat dan bakat anak murid sejak dini. Tentunya penggalian bakat dapat dilakukan sejak dini.

Selain itu pada hari ketiga juga diisi dengan drama rohani “Ibu Hana”. Dalam kegiatan drama yang diperankan oleh para guru, memberikan pesan moral yang baik yaitu bahwa kita semua harus selalu bersyukur dan berdoa kepada Tuhan, semua jawaban doa yang sungguh akan diberikan oleh Tuhan sesuai waktu Tuhan. Saat kegiatan drama dilakukan, anak murid sangat antusias dan memperhatikan serta menyimak dengan sungguh. Pada hari ketiga, setelah drama Rohani, ada pertanyaan terkait drama Rohani, dan anak-anak mampu menjawab dengan baik. Bagi yang mampu menjawab pertanyaan, mendapat reward berupa makanan dan minuman, sungguh menyenangkan dan asyik sekali. Selain itu di hari ketiga, setiap anak juga memperoleh reward Bintang sebagai apresiasi kepada setiap anak dari setiap kegiatan yang sudah diikuti oleh anak didik. Wahhhh…sungguh bahagia setiap anak menerimanya.

Hari keempat kegiatan MPLS sebagai hari terakhir, anak-anak diajak untuk menyanyi bersama saat awalnya, kemudian masuk ke ruang kelas masing-masing dan mengenal ruangan kelasnya serta menyusun perlengkapan yang diperlukan di loker masing-masing. Pada saat masuk ke ruang kelas masing-masing, ada anak murid yang masih memerlukan pendampingan orang tua karena awal untuk beradaptasi. Tetapi banyak juga anak murid, baik dari KB dan TK yang sudah mampu mandiri dan berani ditinggal oleh orang tua. Wahhhh…semua anak murid hebatttt! Tentunya dengan berjalannya waktu, setiap anak murid semakin antusias untuk melakukan kegiatan. Di hari keempat sebagai hari terakhir MPLS, setiap anak didik di tiap kelompok memperoleh reward dari tiap guru kelas masing-masing. Semua sungguh bervariasi reward yang disiapkan guru tiap kelompok…semuanya menyenangkan, anak-anak bahagia menerimanya.

Oya..kehadiran anak murid di saat awal masuk, yaitu 4 hari selama MPLS hanya dilakukan setiap harinya selama 1 (satu) jam, yaitu mulai pk. 08.00 -09.00 wita pada hari pertama, lalu di hari kedua, ketiga dan keempat dimulai pk 07.30 – 10.00 wita. Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa nyaman kepada setiap anak murid sebagai awal untuk kegiatan di sekolah, sehingga setiap anak murid tetap merasa nyaman dan selalu antusias dalam melakukan kegiatan. Hal ini terbukti, bahwa selama masa MPLS, kehadiran anak murid KB-TK bagus sekali, karena hampir 97 % kehadiran anak murid di sekolah. Wahhhhh…hal ini menunjukkan antusiasme awal yang  baik bagi anak murid. Harapannya, setiap anak terus semangat untuk melakukan kegiatan di KB-TK Kristen Aletheia Ampenan. Terus semangat dan melakukan yang terbaik untuk meraih keberhasilan serta cita-cita bersama KB-TK Kristen Aletheia Ampenan. Semangat juga dalam melakukan Kurikulum Merdeka di tahun kedua untuk menghasilkan para murid berkualitas dengan memiliki karakter, budi pekerti, jati diri, pengetahuan, kemampuan literasi dan numerasi, serta jiwa seni dengan kreativitas yang optimal dan menunjukkan Profil Pelajar Pancasila.

Semangatttttt dan Tuhan memberkati.

By: Kepala KB-TK Kristen Aletheia Ampenan

(Anita Theresia Sinaga, SP)

 

SKA

Admin Website

Admin website akan menginput semua data ke dalam website SKA Ampenan. Jika anda memiliki artikel atau foto dan info menarik mengenai SKA Ampenan dan ingin dimuat dalam website ini silahkan hubungi admin di [email protected]

Ikuti Kami

Veritas, Libertas, Caritas

KEBENARAN, KEMERDEKAAN, CINTA KASIH Menghasilkan anak didik yang mencintai Tuhan, berperilaku dan bersikap santun, berjiwa mandiri, cerdas, serta siap menghadapi tantangan zaman.

Youtube Channel

Facebook Page


Kontak Kami

[email protected]
Jl. Majapahit No.47, Taman Sari, Ampenan, Mataram City, West Nusa Tenggara 83114. Buka Google Map

Kebijakan Privasi

Kotak Surat


Copyright © Rounin Visual
Sekloah Kristen Aletheia Ampenan