Hari Kartini SD-SMP Kristen Aletheia Ampenan Tahun 2022

By Andry Juliansyah, M.Pd

Raden Adjeng Kartini, pelopor kebangkitan perempuan pribumi dan emansipasi wanita atau kesetaran gender antara laki-laki dan perempuan, pemikiran Kartini banyak tertuang dalam surat-suratnya tentang kondisi sosial perempuan pribumi. Peringatan hari Kartini jatuh pada tanggal 21 April setiap tahunnya.

Dalam rangka memperingati Hari Kartini 2022, Sekolah Kristen Aletehia (SKA) Ampenan melaksanakan Kegiatan Kreasi & Ekspresi dengan tema KARTINI DAY. Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh peserta didik tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kegiatan di mulai Selasa, 5 – 8 April 2022 dan kali ini kegiatannya sudah bisa dilaksanakan di Sekolah. Adapun bentuk kegiatannya antara lain: SD Kelas I s.d. III ‘Membaca Biografi Kartini’, SD Kelas IV dan V ‘(1) Membaca Biografi Kartini (2) Bercerita Biografi Kartini (3) Kahoot Seputar Kartini’ dan SMP Kelas VII dan VIII ‘Menulis & Mengirim Surat Ungkapan Perasaan Kepada Sekolah dan Rangking 1 Seputar Kartini;.

Pelaksanaan Kegiatan Kreasi & Ekspresi, pertama, sosialisasi oleh Guru PPKn, IPS, dan Bahasa Indonesia hari Jumat, 28 Maret – 1 April 2022 di kelas pada jam pelajaran. Kedua, Ketentuan kagiatan, SD Kelas I s.d. III: Teks disiapkan guru dan peserta didik membaca, SD Kelas IV dan V: Teks disiapkan guru dan peserta didik membaca atau bercerita, untuk Kahoot mengerjakan soal pilihan ganda di SmartPhone dan SMP Kelas VII dan VIII: Menulis surat kemudian mengirimnya ke sekolah Via Kantor Pos.

Hasil karya peserta didik akan dinilai oleh guru pengampu, dari ‘kegiatan membaca, bercerita dan menulis surat’ tersebut dipilih 6 terbaik perkelas, kemudian untuk Kahoot dan Ranking 1, hanya diambil pemenang 1 saja perkelas, setelahnya, peserta mendapatkan Medali dan Sertifikat. Pengumuman Apresiasi Kamis, 21 April 2022 melalui Website dan Media Sosial SKA. Hasil karya ini juga masuk dalam Penilaian Akhir Tahun (PAT) Mata Pelajaran PPKn, IPS, dan Bahasa Indonesia.

“Tujuan peringatan Hari Kartini, agar siswa dapat lebih mengenal para pahlawan bangsa khususnya pahlawan perempuan dalam hal ini R.A. Kartini, kemudian siswa meneladani sikap dan pemikiran Kartini yang memperjuangkan Hak dan derajat perempuan, dan siswa mampu menulis dan menuangkan ide dan pikiran dalam bentuk surat layaknya Kartini. Demikian ditegaskan oleh Ibu Vironika Endras B., S.Pd selaku Kepala Sekolah SD-SMP SKA Ampenan,

Tambahan, Peserta didik sangat antusias selama mengikuti kegiatan Kreasi & Ekspresi peringatan Hari Kartini, kegiatan ekstra seperti ini akan membentuk inovasi dan percaya diri siswa.

E U R E K A !!

BERASAMA SKA MERAIH PRESTASI GEMILANG