Berita

BATIK WARISAN BUDAYA INDONESIA

BATIK WARISAN BUDAYA INDONESIA

SMP | 2022-10-13

Oleh: Jessica Nadia Wibowo/8B

mari kita membaca tentang sejarah batik,agar kamu tau lebih dalam sejarah batik!!!

Sejarah Batik Indonesia terkait erat dengan perkembangan Kerajaan Majapahit dan penyebaran ajaran Islam di Pulau Jawa. Dalam beberapa catatan, pengembangan batik banyak dilakukan pada zaman Kesultanan Mataram, lalu berlanjut pada zaman Kasunanan Surakarta dan Kesultanan.

Keberadaan kegiatan Batik tertua berasal dari Ponorogoyang masih bernama Wengker sebelum abad ke 7, Kerajaan di Jawa Tengah belajar batik dari Ponorogo.

Kesenian batik di Indonesia telah dikenal sejak zaman Kerajaan Majapahit dan terus berkembang sampai kerajaan berikutnya beserta raja-rajanya. Kesenian batik secara umum meluas di Indonesia dan secara khusus di pulau Jawa setelah akhir abad ke-18 atau awal abad ke-19.

Keberadaan kegiatan Batik tertua berasal dari Ponorogoyang masih bernama Wengker sebelum abad ke 7, Kerajaan di Jawa Tengah belajar batik dari Ponorogo.

yuk, ketahui tentang batik fashion!!

Batik merupakan salah satu unsur kebudayaan khas Indonesia yang telah mendunia. Batik merupakan kain yang dibuat dengan teknik khusus sehingga menghasilkan corak yang unik. Saking terkenalnya, batik bahkan telah ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan.

seiring dengan perkembangan zaman, kain batik yang kental dengan nuansa tradisi ini tampil lebih modern. Bahkan, berkat tangan dingin para desainer, kini busana dari kain batik kian digemari seluruh lapisan masyarakat. Sebab, model dan corak yang kian modern membuat busana batik menjadi pilihan untuk dikenakan di berbagai kesempatan.

 

ayo cintai baik indonesia, dengan cara memakai batik dan mempromosikan batik.

TERIMAKASIH SEMUAA!!, JANGAN LUPA MEMBELI DAN MEMAKAI BATIK YA!!!

Admin Website

Admin website akan menginput semua data ke dalam website SKA Ampenan. Jika anda memiliki artikel atau foto dan info menarik mengenai SKA Ampenan dan ingin dimuat dalam website ini silahkan hubungi admin di [email protected]

Ikuti Kami

Veritas, Libertas, Caritas

KEBENARAN, KEMERDEKAAN, CINTA KASIH Menghasilkan anak didik yang mencintai Tuhan, berperilaku dan bersikap santun, berjiwa mandiri, cerdas, serta siap menghadapi tantangan zaman.

Youtube Channel

Facebook Page


Kontak Kami

[email protected]
Jl. Majapahit No.47, Taman Sari, Ampenan, Mataram City, West Nusa Tenggara 83114. Buka Google Map

Kebijakan Privasi

Kotak Surat


Copyright © Rounin Visual
Sekloah Kristen Aletheia Ampenan