Berita

BATIK ITU APA SIH ??

BATIK ITU APA SIH ??

SMP | 2022-10-12

By: Reynata prabawa 7B

Halo, Tak kenal maka tak sayang jadi perkenalkan saya Maria Yuliana Lie. Hari ini saya mau menjelaskan tentang “Apa sih itu batik”. Pada zaman sekarang siapa si yang tidak tahu apa itu batik? Batik adalah hasil karya bangsa Indonesia yang merupakan perpaduan antara seni dan teknologi oleh leluhur bangsa Indonesia. Batik Indonesia dapat berkembang hingga sampai pada suatu tingkatan yang tak ada bandingannya baik dalam desain/motif maupun prosesnya dengan desain yang sangat beragam semakin bertambahnya zaman.

Batik adalah kain yang dilukis menggunakan canting dan cairan lilin malam sehingga membentuk lukisan-lukisan bernilai seni tinggi diatas kain mori. Batik berasal dari kata amba dan tik yang merupakan bahasa jawa, yang artinya adalah menulis titik. Kalau Zaman dulu disebutnya ambatik. Batik sendiri diperkirakan sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Dalam catatan sejarah, batik telah ditemukan sejak zaman Majapahit dan popular pada akhir abad 18. Saat itu batik hanya digunakan oleh orang-orang keraton dan pengikutnya. Namun, lambat lain seni batik juga disebarkan di luar keraton dan menjadi pakaian yang juga dikenakan oleh masyarakat umum. Faktanya bahwa tidak banyak batik menggunakan warna ungu dalam membuat batik, karena Zaman dulu untuk mendapatkan warna ungu itu sangat susah, butuh lebih dari 10.000 siput laut, yang cuman bisa ditemukan di laut mediterania.

Sudah sangat banyak dibutuhkan, bukan siput laut biasa, dan jadinya hanya 1 gram untuk bahan warnanya, sampai sampai hampir tidak ada batik maupun bendera yang menggunakan warna ungu, kalaupun ada hanya ada sedikit warna ungu. Namun sekarang ungu sudah umum digunakan dan mudah ditemukan. Batik dibagi ke beberapa jenis berdasarkan provinsi di Indonesia seperti: Batik dari Jawa Timur yaitu Batik Madura, Batik Tuban, Batik Siduarjo, dan sebagainya, Batik dari Jawa Tengah yaitu Batik khas Jepara, Batik khas Solo, dan batik jenis lainnya yang sangat beragam dan menarik perhatian dari dalam negeri maupun luar negri yang berbeda beda.

Apalagi dengan terkenalnya batik karena sangat banyak artis artis Indonesia yang terkenal menggunakan batik dan mereka bangga dengan hal itu. Artis artis terkenal itu adalah,

 
 
 

Hingga menggunakan batik sebagai pakaian adat nikahan,

(surakarta.suara.com)

Saya beri contoh disini yang paling terkenal karena menggunakan batik dalam pernikahannya yaitu keluarga dari Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah dengan batik yang berasal dari Minangkabau, Sumatra Barat. Hingga batik dari Indonesia juga digunakan dalam fashion show di luar negeri “Saya berharap melalui peragaan Batik ini, masyarakat PEA dapat mengenali Batik dan menyukainya. Ketika UNESCO menentukan Batik sebagai Oral and Intangible Cultural Heritage of Humanity tahun 2009, mereka mengumumkannya di Abu Dhabi, jadi kita bangga membawa Batik kembali ke sini.  Kegiatan ini juga merupakan suatu keikutsertaan Indonesia di World Expo Dubai 2020 yang akan dimulai tanggal 1 Oktober serta tentunya peringatan Hari Batik pada 2 Oktober nanti", ucap Duta Besar Husin Bagis.

Sekarang masih sangat banyak artis artis yang pergi keluar negeri untuk melestarikan budaya memakai batik dalam rangka Fashion Week, dan tentunya mereka sangat bangga untuk menggunakan batik disana, Walaupun banyak orang yang merantau ke luar negri mereka tetap menggunakan batik, sebagai contoh disini adalah Jerome Polin, ia adalah mahasiswa dari Indonesia khususnya Surabaya, Jawa Timur yang pergi ke Jepang untuk melanjutkan pendidikannya disana ia masih sering menggunakan batik dan beberapa dipost di akun YouTubenya dan ia bahkan mengenalkan batik ke teman temannya. Jadi kesimpulannya batik adalah karya seni rupa dari Indonesia yang sangat beragam dan terkenal baik dalam negeri maupun luar negri. Kita sebagai warga Indonesia harus melestarikan budaya penggunaan batik dan harus bangga menggunakan batik. Sebagai pelajar yang baik kita harus mempelajari budaya budaya batik dan tidak melupakan budaya batik ini. Kalau ada kesalahan mohon dimaafkan, kalau ada yang sayang mohon diungkapkan, sekian terimakasih.

Admin Website

Admin website akan menginput semua data ke dalam website SKA Ampenan. Jika anda memiliki artikel atau foto dan info menarik mengenai SKA Ampenan dan ingin dimuat dalam website ini silahkan hubungi admin di [email protected]

Ikuti Kami

Veritas, Libertas, Caritas

KEBENARAN, KEMERDEKAAN, CINTA KASIH Menghasilkan anak didik yang mencintai Tuhan, berperilaku dan bersikap santun, berjiwa mandiri, cerdas, serta siap menghadapi tantangan zaman.

Youtube Channel

Facebook Page


Kontak Kami

[email protected]
Jl. Majapahit No.47, Taman Sari, Ampenan, Mataram City, West Nusa Tenggara 83114. Buka Google Map

Kebijakan Privasi

Kotak Surat


Copyright © Rounin Visual
Sekloah Kristen Aletheia Ampenan