Berita

Pengertian dan sejarah dari Batik

Pengertian dan sejarah dari Batik

SMP | 2022-10-12

Oleh: Jason N.W.

Batik adalah suatu kain yang dibuat dari Indonesia. Bahan yang diperlukan adalah kain,sutra dan kapas.

Batik juga mempunyai banyak motif unik. Kalian tahu kah kalau batik sudah dikenal sejak zaman kerajaan majapahit?! Iya, batik di Indonesia ini sudah di kenal sejak zaman kerajaan majapahit dan teruslah berkembang hingga kerajaan berikutnya. Kesenian batik secara umum meluas di Indonesia dan kemudian di pulau jawa di akhir abad ke 18 atau awal abad ke 19. Batik mulai meningkat sejak UNESCO ( the United Nations Educational Scientific And Culltural Organization ) menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan loh! Batik diakui oleh UNESCO Kalian juga bisa menemukan batik tertua yaitu batik parang di daerah solo dan Yogyakarta, sebab menurut sejarah.

 Batik parang ini diciptakan pada zaman Keraton Mataram, menakjubkan . Sebenarnya, nama parang berasal dari kata ‘pereng’ dengan arti lereng. Oh ya, batik berasal dari Bahasa jawa dengan rangkaian dari kata “mbat” yang berarti mengembat dan ‘’tik” yang berarti titik.

 Orang pertama untuk membuat batik adalah K.R.T Hardjonagoro. Batik pertama yang dibuat oleh Hardjonagoro, memakai Teknik batik sendiri yang telah diketahui lebih dari 1.000 tahun.

Batik mempunyai motif sebanyak 5.849, tetapi saya akan menyebutkan 5 motif yang paling popular di Indonesia. Pertama adalah motif batik sogan yang berasal dari solo, kedua adalah motif batik parang yang berasal dari pulau jawa, ketiga adalah motif batik kawung yang berasal dari jawa tengah keempat adalah motif batik keraton yang berasal dari Yogyakarta dan terakhir adalah motif batik simbut yang berasal dari banten.

Sebelum kita mengakhiri ini, kalian harus tahu Langkah-langkah membuat batik.

  1. Nyungging, tahap pembuatan pola pada kertas
  2. Njaplak, proses memindahkan pola kertas ke kain
  3. Nglowong, melekatkan lilin pada pola
  4. Ngiseni, proses memberikan ornament seperti bunga,hewan, dll
  5. Nyolet, proses mewarnai dengan kuas
  6. Mopok, menutup bagian yang sudah diwarnai dengan malam
  7. Nembok, menutup bagian yang tidak
  8. Ngelir, proses mewarnai kain dengan merendamnya di pewarna alami
  9. Nglorod, perendaman kain ke dalam air mendidih
  10. Ngerentesi, proses memberi kat titik pada klowongan
  11. Nyumri, penutupan bagian tertentu menggunakan malam
  12. Ngolorod, melarutkan malam pada kain

Sekian terima kasih sha- ehh kita belum sebutkan harga-harga batik. Harga batik bisa mencapai jutaan tetapi kalian juga bisa membelinya seharga Rp 100 ribu – Rp 1 juta. Motif batik termahal di Indonesia adalah motif batik belanda, batik ini muncul Ketika seorang perempuan belanda yang membuat motif karena tertarik dengan batik Indonesia. Pada motif ini, ada banyak bunga-bunga dari eropa berupa tulip. Semoga kalian sehat selalu hidup Bahagia sekian terima kasih shalom…

Admin Website

Admin website akan menginput semua data ke dalam website SKA Ampenan. Jika anda memiliki artikel atau foto dan info menarik mengenai SKA Ampenan dan ingin dimuat dalam website ini silahkan hubungi admin di [email protected]

Ikuti Kami

Veritas, Libertas, Caritas

KEBENARAN, KEMERDEKAAN, CINTA KASIH Menghasilkan anak didik yang mencintai Tuhan, berperilaku dan bersikap santun, berjiwa mandiri, cerdas, serta siap menghadapi tantangan zaman.

Youtube Channel

Facebook Page


Kontak Kami

[email protected]
Jl. Majapahit No.47, Taman Sari, Ampenan, Mataram City, West Nusa Tenggara 83114. Buka Google Map

Kebijakan Privasi

Kotak Surat


Copyright © Rounin Visual
Sekloah Kristen Aletheia Ampenan