Berita

DAYA SERAP  (ASSESMEN SUMATIF)

DAYA SERAP (ASSESMEN SUMATIF)

KB-TK | 2023-06-09

Pernah dengar istilah DAYA SERAP…atau ASSESMEN SUMATIF…? Nah….ini bukan sembarang program ya..ini program yang erat kaitannya dengan seberapa besar tingkat penyerapan anak dari setiap kemampuan yang sudah diberikan kepada seluruh anak didik selama 1 semester. Istilah terbaru dengan istilah ASSESMEN SUMATIF…sepertinya terdengar asing ya di kalangan anak usia dini..tetapi hal ini penting loh… untuk mengetahui kemampuan anak selama 1 semester dan biasanya dilakukan di akhir semester. Istilah ini digunakan setelah KB-TK Kristen Aletheia Ampenan mengadopsi Implementasi Kurikulum Merdeka. Tentunya program ini sangat penting bagi tiap anak didik, para guru serta orang tua murid untuk mengetahui perkembangan putera-puteri masing-masing.

  Assesmen Sumatif dan istilah Daya Serap yang digunakan di KB-TK Kristen Aletheia dilakukan setiap akhir semester. Hal ini penting untuk mengetahui kemampuan anak dalam menyerap berbagai kemampuan yang dipahami oleh anak didik. Hal ini sangat berguna bagi anak didik, bagi para pendidik dan juga orang tua. Dalam hal ini, sebagai anak didik dapat mengikuti kegiatan dengan semangat dan tentunya dengan adanya stimulus yang rutin dari para guru pembimbing dan juga orang tua murid.

Pada semester 2 ini di tahun pelajaran 2022-2023, KB-TK Kristen Aletheia Ampenan melakukan Assesmen Sumatif/Daya Serap mulai tanggal 26 Mei 2023 sampai tanggal 9 Juni 2023. Hal ini dilakukan pada beberapa Capaian Pembelajaran yaitu elemen Nilai Agama dan Budi Pekerti, Jati Diri dan Dasar-Dasar Literasi dan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Math).

Assesment Sumatif (Daya Serap) yang dilakukan di KB-TK Kristen Aletheia Ampenan, tentunya memberikan pengaruh yang baik bagi perkembangan anak didik. Anak didik menjadi senang, bahagia, dan terus semangat dalam melakukan  kegiatan pembelajaran. 

Dalam elemen Nilai Agama dan Budi Pekerti, anak diajak untuk lebih memahami tentang doa belajar dan doa makan dalam Bahasa Inggris. Untuk elemen Jati diri, anak-anak dilatih kemandirian, gerak motorik kasar serta percaya diri dalam melakukan setiap kegiatan seperti Menyanyi, Sains dan juga Olah raga. Untuk elemen Literasi dan STEAM anak-anak  dilatih untuk mampu memahami dalam membilang, memahami huruf, kalimat serta gambar-gambar, sains sederhana, menggambar dan juga kemampuan anak dalam melakukan setiap kegiatan yang diberikan oleh guru.

Assesmen Sumatif atau Daya Serap yang dilakukan di KB-TK sungguh memberikan pengaruh yang positif bagi perkembangan anak didik. Harapannya kualitas anak didik semakin optimal dan terus mengalami peningkatan yang signifikan. Semangatttt memberikan yang terbaik untuk anak didik. 

By: Anita Theresia Sinaga, SP (Kepala KB-TK Kristen Aletheia Ampenan)

 

Admin Website

Admin website akan menginput semua data ke dalam website SKA Ampenan. Jika anda memiliki artikel atau foto dan info menarik mengenai SKA Ampenan dan ingin dimuat dalam website ini silahkan hubungi admin di [email protected]

Ikuti Kami

Veritas, Libertas, Caritas

KEBENARAN, KEMERDEKAAN, CINTA KASIH Menghasilkan anak didik yang mencintai Tuhan, berperilaku dan bersikap santun, berjiwa mandiri, cerdas, serta siap menghadapi tantangan zaman.

Youtube Channel

Facebook Page


Kontak Kami

[email protected]
Jl. Majapahit No.47, Taman Sari, Ampenan, Mataram City, West Nusa Tenggara 83114. Buka Google Map

Kebijakan Privasi

Kotak Surat


Copyright © Rounin Visual
Sekloah Kristen Aletheia Ampenan