Berita

Tentang batik

Tentang batik

SMP | 2022-10-12

By: Reynata prabawa 7B

Batik adalah kebudayaan Indonesia yang sangat terkenal.Batik memiliki hari nasional nyaitu Hari Batik nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober.Batik memiliki motif nyaitu Motif Batik Gentongan, Motif Batik Tujuh Rupa, Motif Batik Simbut dll.

Batik memiliki sejarah dan saya akan menceritakan tentang sejarah batik.

Motif batik Gentongan:

Motif Batik Tujuh Rupa:

Motif batik simbut:

Batik adalah kesenian yang ditemukan pada abat ke-17 Masehi dan 18 masehi saat zaman kerajaan Majapahit.saat zaman itu batik hanya digunakan oleh orang tertentu seperti orang keraton beserta pengikutnya Namun, lambat lain seni batik juga disebarkan di luar keraton dan menjadi pakaian yang juga dikenakan oleh masyarakat umum. arkeolog yang berasal dari Belanda bernama G.P Rouffaer dan dia mengatakan Batik adalah kebudayaan yang berasal dari Indonesia.Batik secara historis berasal dari zaman nenak moyang yang dikenal sejak abad ke-17. Saat itu motif yang didominasi bentuk binatang dan tanaman. Namun berkembang beralih pada motif menyerupai awan, relief candi. Kerajinan batik di Indonesia dikenal sejak zaman kerajaan Majapahit.Sejarah Batik Indonesia terkait erat dengan perkembangan Kerajaan Majapahit dan penyebaran ajaran Islam di Pulau Jawa. Dalam beberapa catatan, pengembangan batik banyak dilakukan pada zaman Kesultanan Mataram, lalu berlanjut pada zaman Kasunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta.Alasan batik disebut budaya asli Indonesia

UNESCO telah menetapkan batik sebagai warisan budaya dunia asli Indonesia. Artinya, batik diakui berasal dari negara Indonesia. Hal ini, ujar Notty, karena proses membatik yang menggunakan malam dan canting hanya ada di Indonesia.Tiap tahunnya, Hari Batik Nasional diperingati pada tanggal 2 Oktober. Perayaan Hari Batik Nasional ini dirayakan setiap tahun karena batik dianggap sebagai warisan budaya dunia tak benda oleh UNESCO.Batik adalah hasil karya bangsa Indonesia yang merupakan perpaduan antara seni dan teknologi oleh leluhur bangsa Indonesia. Batik Indonesia dapat berkembang hingga sampai pada suatu tingkatan yang tak ada bandingannya baik dalam desain/motif maupun prosesnya.Artinya, batik diakui berasal dari negara Indonesia. Hal ini, ujar Notty, karena proses membatik yang menggunakan malam dan canting hanya ada di Indonesia.

 

Admin Website

Admin website akan menginput semua data ke dalam website SKA Ampenan. Jika anda memiliki artikel atau foto dan info menarik mengenai SKA Ampenan dan ingin dimuat dalam website ini silahkan hubungi admin di [email protected]

Ikuti Kami

Veritas, Libertas, Caritas

KEBENARAN, KEMERDEKAAN, CINTA KASIH Menghasilkan anak didik yang mencintai Tuhan, berperilaku dan bersikap santun, berjiwa mandiri, cerdas, serta siap menghadapi tantangan zaman.

Youtube Channel

Facebook Page


Kontak Kami

[email protected]
Jl. Majapahit No.47, Taman Sari, Ampenan, Mataram City, West Nusa Tenggara 83114. Buka Google Map

Kebijakan Privasi

Kotak Surat


Copyright © Rounin Visual
Sekloah Kristen Aletheia Ampenan