Berita

Batik Istimewa

Batik Istimewa

SMP | 2022-10-12

Oleh: Sekar Arum P 8A

Batik ISTIMEWA! Hmmm siapa ya diantara kita yang tidak mengenal warisan Budaya Indonesia yang sudah mendunia ini ? Batik sudah tidak asing lagi bagi kita, pasti diantara kita sudah ada yang mengenal, melihat, dan bahkan ada yang memilikinya.

Mengapa Batik Istimewa ?

Batik itu ISTIMEWA, karena dapat digunakan disetiap kesempatan baik formal maupun nonformal. Batik tidak hanya dikenal oleh masyarakat Indonesia tetapi batik juga sudah dikenal di Mancanegara atau di Dunia Internasional. Bahkan batik sangat dikagumi karena coraknya yang Khas dan Beragam. Batik merupakan warisan nenek moyang Indonesia yang sampai saat ini masih ada dan semakin berkembang.

Batik pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh Presiden Soeharto, yang pada waktu itu memakai batik pada Konferensi PBB(Perserikatan Bangsa-Bangsa). Dan oleh UNESCO(Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa) ditetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi pada 2 Oktober 2009. Sejak saat itu, tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. (sumber bacaan Wiki Pedia Ensiklopedia Bebas)

Pencipta Batik

Batik pertama kali diciptakan oleh Hardjonagoro yang lebih dikenal dengan nama Go Tik Swan seorang budayawan Tionghoa dialah yang  menciptakan budaya Jawa dan menciptakan ratusan motif batik.

(Sumber Suara.com)

Batik

Batik adalah kain Indonesia bergambar. Pembuatannya secara khusus dilakukan dengan beberapa cara  seperti : Canting; Cap; Kombinasi; Ikat Celup (Tie-Dye); Lukis/Colet; Printing dan Malam atau penutup bagian kain agar tidak terwarnai dalam pencelupan pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. Sedangkan untuk motif-motif dari batik itu sendiri dan asalnya dari mana saja, Ada beberapa Motif batik yang populer di Indonesia Seperti: Batik Tujuh Rupa (Pekalongan), Batik Sogan (Solo), Batik Gentongan (Madura), Batik Mega Mendung (Cirebon), Batik Kraton (Yogyakarta), Batik Simbut (Banten), Batik Parang (Pulau Jawa), dan Batik Kawung (Jawa Tengah),Batik Lasem(Jawa Tengah), Batik Lombok(Lombok NTB),dll (Sumber bacaan Wiki Pedia Ensiklopedia Bebas). Beberapa Contoh Batik :

(Batik 7 Rupa,Pekalongan)

(Sumber Tribun Manado)

(Batik Kawung, Jawa Tengah)

(Sumber Shopee)

(Batik Lasem, Jawa Tengah)

(Sumber Rozi/seni rupa)

(Batik Lumbung, Lombok NTB)

(Sumber Spesial Pengetahuan)

(Batik Simbut, Banten)

(Sumber Retizen-Replubika)

(Batik Gentongan, Madura)

(Sumber Replubika.co.id)

Inilah beberapa contoh batik yang ada di dalam Bangsa Kita, bahkan masih banyak batik-batik yang lain dengan corak-corak yang indah.

Nah Sekarang kita sudah mengetahui apa itu batik dan keistimewanya. Oleh sebab itu sebagai Warga Negara Indonesia , mari kita mencintai dan melestarikan batik sebagai budaya luhur bangsa dengan Menjadi Duta Batik, dengan bangga mengenakan kain batik, memperkenalkan batik kepada setiap warga Negara lain yang berkunjung ke Indonesia, Serta Mendukung sentra-sentra pembuatan batik, dsb. Jayalah Batikku. Selamat Hari Batik

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat. Terima Kasih

Admin Website

Admin website akan menginput semua data ke dalam website SKA Ampenan. Jika anda memiliki artikel atau foto dan info menarik mengenai SKA Ampenan dan ingin dimuat dalam website ini silahkan hubungi admin di [email protected]

Ikuti Kami

Veritas, Libertas, Caritas

KEBENARAN, KEMERDEKAAN, CINTA KASIH Menghasilkan anak didik yang mencintai Tuhan, berperilaku dan bersikap santun, berjiwa mandiri, cerdas, serta siap menghadapi tantangan zaman.

Youtube Channel

Facebook Page


Kontak Kami

[email protected]
Jl. Majapahit No.47, Taman Sari, Ampenan, Mataram City, West Nusa Tenggara 83114. Buka Google Map

Kebijakan Privasi

Kotak Surat


Copyright © Rounin Visual
Sekloah Kristen Aletheia Ampenan