Berita

Batik Semakin Jaya

Batik Semakin Jaya

SMP | 2022-10-12

Oleh : Milka Eklesia Santosa

Batik merupakan seni kebudayaan khas Indonesia yang banyak dikagumi oleh khalayak dari berbagai negara. Karya seni batik adalah ciri khas yang membedakan negara Indonesia dengan negara lain. Menurut Iwan Tirta, seni batik adalah menghias kain atau tekstil menggunakan lilin, dengan metode pencelupan warna. Semua dilakukan dengan bantuan tangan, bukan mesin sebagaimana batik modern. Iwan Tirta adalah seorang desainer asal Indonesia yang memperkanalkan seni batik kepada seluruh dunia dalam fashion show yang ia gelar di Jakarta, Indonesia. Menurut KBBI sendiri, batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu. Batik pertama kali dikenalkan dalam Indonesia oleh Presiden pertama kita, Soekarno. Beliau menggunakan baju batik dalam koferensi PBB.

Pada zaman sekarang kain batik sudah digunakan dalam pembuatan baju, gaun, celana, rok maupun outer pakaian. Pertama kali batik hanya digunakan pada saat tertentu seperti dalam adat tradisi pernikahan Jawa dimana para keluarga mempelai menggunakan baju batik. Sekarang, batik sudah mulai digunakan pada setiap hari Jumat oleh para pegawai PNS.

Seni batik memiliki berbagai macam jenis sendiri dalam setiap daerah di Indonesia. Beberapa batik yang memiliki corak khas yang menarik seperti :

Batik Sasambo adalah batik yang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat yang biasanya memiliki corak seperti rumah adat Lumbung, cabai atau cicak

Batik Tujuh Rupa adalah batik yang berasal dari Pekalongan, Jawa Tengah yang memiliki motif nuansa alam dimulai dari tumbuhan dan bunga.

Batik Sogan adalah batik yang berasal dari Solo, Jawa Tengah yang memiliki corak khas motif seperti bunga dengan lengkungan yang berbentuk seperti belah ketupat dengan sudut yang lembut. Uniknya, batik ini hanya menggunakan warna coklat atau krem sebagai warna dasarnya.

Berbagai macam batik dibagi menjadi 3 macam. Pertama adalah Batik tulis, batik ini dibuat menggunakan tangan dengan bantuan canting. Batik tulis memiliki harga yang cukup mahal. Prosesnya cukup sulit, mulai dari menyiapkan kain yang tepat hingga membentuk pola diatas kain tersebut. Kedua adalah Batik cap, batik ini dibuat menggunakan stempel atau cap dengan motif batik di stempel atau cap tersebut. Proses batik ini cukup mudah sehingga dapat selesai dengan cepat. Terakhir adalah Batik Printing, proses pembuatan batik ini menggunakan alat sablon. Dibandingkan dengan batik lain, batik printing memiliki proses yang paling mudah dan cepat.


Sumber : Batik - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
               Seni Batik: Pengertian, Sejarah Singkat, dan Jenisnya (suara.com)
                Arti kata batik - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online
                39 Ragam Ciri Motif Kain Batik Nasional Beserta Daerah Asalnya (dansmedia.net)

Admin Website

Admin website akan menginput semua data ke dalam website SKA Ampenan. Jika anda memiliki artikel atau foto dan info menarik mengenai SKA Ampenan dan ingin dimuat dalam website ini silahkan hubungi admin di [email protected]

Ikuti Kami

Veritas, Libertas, Caritas

KEBENARAN, KEMERDEKAAN, CINTA KASIH Menghasilkan anak didik yang mencintai Tuhan, berperilaku dan bersikap santun, berjiwa mandiri, cerdas, serta siap menghadapi tantangan zaman.

Youtube Channel

Facebook Page


Kontak Kami

[email protected]
Jl. Majapahit No.47, Taman Sari, Ampenan, Mataram City, West Nusa Tenggara 83114. Buka Google Map

Kebijakan Privasi

Kotak Surat


Copyright © Rounin Visual
Sekloah Kristen Aletheia Ampenan