Berita

Belajar Mendeskripsikan Objek Wisata

Belajar Mendeskripsikan Objek Wisata

SD-SMP | 2017-08-18

By : Rusdi Arjiman
Tentu Anda pernah melihat acara jalan-jalan dari sebuah televisi yang menayangkan keindahan pariwisata Indonesia dengan pemaparan yang menarik. Atau pernah Anda membaca info perjalanan yang mendeskripsikan keindahan wisata Indonesia. Ya, itulah beberapa contoh teks deskripsi. Teks deskripsi dapat ditemukan di buku yang berisi informasi perjalanan, dalam film atau cerpen, majalah perjalanan, dan program televisi tentang jalan-jalan.

Apa tujuan penulisan teks deskripsi? Teks deskripsi bertujuan menggambarkan atau menguraikan secara rinci dengan penggambaran sekonkret mungkin suatu objek, suasana, dan perasaan sehingga pembaca seakan-akan melihat, mendengar, dan mengalami apa yang dides –kripsikan oleh penulis.

Seperti yang dilakukan oleh siswa-siswi kelas VII SMP Kristen Aletheia Ampenan, pada hari Jumat, 4 Agustus dan hari Kamis, 10 Agustus 2017, telah melakukan pengamatan langsung di objek wisata Pantai Ampenan yang merupakan bekas pelabuhan penyeberangan tempo dulu, yang kini menyisakan puing-puing tonggak pancang sisa kemegahan dermaga masa itu. Pengamatan dilakukan mulai pukul 09.00 s.d. 10.00 WITA. Bertepatan suasana hari itu cukup cerah. Angin semilir mengelus lembut kulit para siswa yang nampak penuh ceria, disambut debur ombak bibir pantai Ampenan yang seolah-olah mengucapkan selamat datang bagi para pengunjungnya.

Siswa dalam kelompok masing-masing sibuk mengabadikan pemandangan air laut biru yang di tengahnya beberapa sampan nelayan sedang berlayar. Burung camar yang beterbangan di atas air dan ratusan burung walet yang terbang berputar-putar di atas kepala siswa-siswi SMP Kristen Aletheia 
Itulah, suasana yang dirasakan, didengar, dan dilihat ketika itu di pantai, kemudian ditulis sebagai data untuk selanjutnya akan disusun menjadi sebuah teks deskripsi yang utuh sekembali-nya ke kelas nanti.

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk inovasi pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya kelas VII SMP Kristen Aletheia Ampenan. Kegiatan pembelajaran seperti ini sangat menyenang-kan dan menginspirasi kita semua. Eureka!

Admin Website

Admin website akan menginput semua data ke dalam website SKA Ampenan. Jika anda memiliki artikel atau foto dan info menarik mengenai SKA Ampenan dan ingin dimuat dalam website ini silahkan hubungi admin di [email protected]

Ikuti Kami

Veritas, Libertas, Caritas

KEBENARAN, KEMERDEKAAN, CINTA KASIH Menghasilkan anak didik yang mencintai Tuhan, berperilaku dan bersikap santun, berjiwa mandiri, cerdas, serta siap menghadapi tantangan zaman.

Youtube Channel

Facebook Page


Kontak Kami

[email protected]
Jl. Majapahit No.47, Taman Sari, Ampenan, Mataram City, West Nusa Tenggara 83114. Buka Google Map

Kebijakan Privasi

Kotak Surat


Copyright © Rounin Visual
Sekloah Kristen Aletheia Ampenan