Berita

Cooking Class

Cooking Class

SD-SMP | 2017-08-28

Kegiatan ekstrakurikuler SD SMP Sekolah Kristen Aletheia Ampenan sebagai penyaluran  minat dan bakat bagi siswa. Kegiatan ini bukan sekedar sebagai wadah penyalur hobi. Kegiatan ekstrakurikuler bisa dikelola atau difungsikan secara maksimal hingga menjadi ajang pembentukan dan pembangunan karakter siswa. Kegiatan ekstrakurikuler amat efektif  membentuk karakter dan menanamkan nilai-nilai moral dan kemandirian kepada anak didik. Sekolah Kristen Aletheia Ampenan mempunyai berbagai ektrakurikuler yang dapat dipilih oleh peserta didik. Kegiatan ektrakulikuler di Sekolah Kristen Aletheia Ampenan dilaksanankan satu minggu sekali yaitu pada hari Jumat. Salah satu ekstrakulikuler yang sangat digemari oleh peserta didik SD SMP Sekolah Kristen Aletheia Ampenan yaitu Cooking Class.

Kegiatan ekstrakurikuler Cooking Class ini dapat diikuti oleh peserta didik putri maupun putra. Menurut Bu Fera selaku waka pembinaan dan lomba Sekolah Kristen Aletheia Ampenan,  perempuan maupun laki-laki harus bisa memasak sebagai bekal dimasa yang akan datang, baik memasak sayur sebagai makanan sehari-hari maumengpun memasak kue basah dan juga kue kering.

Sebelum praktek memasak peserta didik yang mengikuti ekstrakulikuler Cooking Class  diberikan materi dari guru pendamping ekstra tersebut. Pelaksanaannya adalah berkelompok, sehingga peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok. Jumlah anggota kelompoknya adalah 5 sampai 6 anak.  Setelah peserta didik melakukan praktek pembuatan berbagai menu makanan tersebut, makanan-makanan itu tidak hanya dinikmati oleh peserta didik itu sendiri melainkan, makanan hasil praktek dapat dijual kepada warga sekolah.

Ekstrakulikuler Cooking Class kali ini akan membuat membuat Terang Bulan Mini. Berikut ini resep dan cara membuatnya:

TERANG BULAN MINI

Bahan-bahan

  • ¼ kg tepung terigu
  • 3 butir telur ayam
  • ½ sendok makan fernipan
  • 1 sendok teh vanili
  • 2 ½ sendok makan gula pasir
  • Air secukupnya
  • 3 Susu kental manis putih
  • Meisess coklat dan keju secukupnya

Cara Membuat Terang Bulan Mini

  1. Pertama-tama campurkan tepung terigu, 3 butir telur, fernipan gula dan fermipan, mixer hingga semua tercampu rata. Tutupi adonan dengan kain dan biarkan selama kurang lebih 20 menit.
  2. Selanjutnya panaskan cetakan, olesi dengan margarin tipis dan merata agar nantinya tidak lengket.
  3.  Lalu tuang adonan kedalam cetakan dan tunggu hingga matang.
  4. Terakhir,beri taburan meisess atau keju diatas kue, lalu tambahkan susu kental manis diatasnya. Kue terang bulan mini siap untuk dihidangkan.

                                                                                                                  By: Putu S.

Admin Website

Admin website akan menginput semua data ke dalam website SKA Ampenan. Jika anda memiliki artikel atau foto dan info menarik mengenai SKA Ampenan dan ingin dimuat dalam website ini silahkan hubungi admin di [email protected]

Ikuti Kami

Veritas, Libertas, Caritas

KEBENARAN, KEMERDEKAAN, CINTA KASIH Menghasilkan anak didik yang mencintai Tuhan, berperilaku dan bersikap santun, berjiwa mandiri, cerdas, serta siap menghadapi tantangan zaman.

Youtube Channel

Facebook Page


Kontak Kami

[email protected]
Jl. Majapahit No.47, Taman Sari, Ampenan, Mataram City, West Nusa Tenggara 83114. Buka Google Map

Kebijakan Privasi

Kotak Surat


Copyright © Rounin Visual
Sekloah Kristen Aletheia Ampenan