Berita

HUT KE-46 SKA 2022  TETAP SETIA, TETAP BERKARYA

HUT KE-46 SKA 2022 TETAP SETIA, TETAP BERKARYA

SMP | 2022-03-07

By Rusdi Arjiman, S.Sos.

Telah 46 tahun berkiprah dan berkontribusi dalam mengembangkan dunia Pendidikan di Kota Mataram khususnya dan NTB pada umumnya, Sekolah Kristen Aletheia Ampenan sampai saat ini mendapat kepercayaan yang besar dari masyarakat maupun pemerintah untuk menyelenggarakan Pendidikan yang berkualitas bagi peserta didiknya.

Lahir pada tanggal 3 Maret 1976, Sekolah Kristen Aletheia Ampenan telah menunjukkan eksistensinya di tengah masyarakat sebagai sekolah misi yang memiliki komitmen untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia yang seutuhnya, yaitu bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, memiliki pengetahuan, sehat jasmani dan rohani, memiliki budi pekerti luhur, mandiri, kepribadian yang mantap, dan bertanggung jawab terhadap bangsa. Sesuai dengan tujuan Pendidikan berdasarkan UU No. 2 Tahun 1985.

Berkenaan dengan hal tersebut di atas, meskipun di tengah merebaknya pandemic Covid-19 saat ini, namun semangat pendidik dan peserta didik untuk menimba ilmu tak pernah kendor walaupun lewat online atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).  Begitu pula dengan penyelenggaraan HUT ke -46 pada tahun ini yang jatuh pada tanggal 3 Maret 2022 diselenggaran dengan sederhana namun meriah disesuaikan dengan situasi saat ini. Panitia HUT ke-46 SKA menyelenggarakan serangkaian kegiatan lomba, di antaranya adalah Lomba Kebugaran Jasmani (Workout) yang dikemas dalam aplikasi tiktok, cukup menarik minat peserta didik untuk mengikutinya, mulai dari kelas 1 s.d. kelas VI. Caranya, video workout yang sudah selesai di edit, mereka upload ke tiktok, lalu linknya yang dikumpulkan ke panitia untuk diberi penilaian. Batas akhir pengumpulan Tiktok Workout tanggal 26 Februari 2022.Dari hasil pantaua tiktok workout yang telah mereka kumpulkan, rata-rata peserta menampilkan gerakan-gerakan kebugaran dengan penuh semangat dan antusias.

Berikutnya, lomba melukis dengan tema “Lingkungan Sekolahku yang Tetap Menyenangkan”. Lomba ini dilaksanakan dengan dua tahap,  yaitu tahap online dan tahap offline. Pada tahap online dilakukan untuk menentukan nominator yang berhak masuk dalam tahap selanjutnya. Tahap online via zoom dilaksanakan pada hari Jumat, 25 Februari 2022. Tahap kedua adalah tahap offline, yaitu para nominator datang secara langsung ke sekolah untuk mengikuti lomba secara PTM di kelas masing-masing pada hari Selasa, 1 Maret 2022. Kedua jenis lomba ini bersifat wajib diikuti, karena penilaian lomba akan dimasukkan ke dalam Penilaian Tengah Semester (PTS) untuk mata pelajaran PJOK dan SBdP,  khususnya aspek keterampilan. Seperti halnya tiktok workout, lomba melukis juga wajib dikuti oleh peserta didik kelas 1 s.d. kelas VI.

Sedangkan, untuk SMP diselenggarakan Lomba Pidato Bahasa Ingggris dengan tema “Character Building”. Lomba Pidato Bahasa Inggris ini juga wajib diikuti oleh kelas VII s.d. kelas IX, karena nilai lomba akan dimasukkan dalam Penilaian Akhir Tahun (PAT) mata pelajaran Bahasa Inggris, khususnya aspek keterampilan. Lomba Pidato Bahasa Inggris dengan cara rekaman video yang dikumpulkan ke panitia. Pengumpulan video paling lambat Sabtu, 26 Februari 2022.

Kemudian, Lomba Catur Digital Online. Lomba catur ini awalnya direncanakan bersifat exhibisi, artinya  hanya untuk menunjukkan kemahiran dari peserta didik di dalam permainan catur online, tanpa dilombakan. Namun, karena melihat semangat dan antusias peserta yang mengikuti exhibisi ini, akhirnya panitia menaikkan level kegiatan menjadi perlombaan. Lomba Catur Digital Online dikuti oleh peserta didik dari kelas III s.d kelas IX.

Sebagai kegiatan terakhir dari serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-46 Sekolah Kristen Aletheia Ampenan tahun 2022, adalah Webinar tentang Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif  (NAPZA) bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Mataram yang diselenggarakan pada hari Jumat, 4 Maret 2022. Webinar ini mengangkat topik “NAPZA Go To Hell” yang diikuti oleh peserta didik dari kelas IV s.d. kelas IX.

Acara puncak peringatan HUT ke-46 SKA Ampenan akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 5 Maret 2022 yang akan datang. Keseluruhan dari kegiatan  peringatan HUT ke-46 SKA ini terintegral dalam kurikulum Pendidikan yang memacu perkembangan kecerdasan, kemandirian, kreativitas, serta pembentukan sikap atau karakter yang mumpuni bagi peserta didik.  Harapan besarnya adalah, suksesnya Pendidikan yang berorietasi multi inteligensi kompetensi peserta didik. E U R E K A!!

MAJU TERUS!

BERSAMA SKA MERAIH PRESTASI GEMILANG

Admin Website

Admin website akan menginput semua data ke dalam website SKA Ampenan. Jika anda memiliki artikel atau foto dan info menarik mengenai SKA Ampenan dan ingin dimuat dalam website ini silahkan hubungi admin di [email protected]

Ikuti Kami

Veritas, Libertas, Caritas

KEBENARAN, KEMERDEKAAN, CINTA KASIH Menghasilkan anak didik yang mencintai Tuhan, berperilaku dan bersikap santun, berjiwa mandiri, cerdas, serta siap menghadapi tantangan zaman.

Youtube Channel

Facebook Page


Kontak Kami

[email protected]
Jl. Majapahit No.47, Taman Sari, Ampenan, Mataram City, West Nusa Tenggara 83114. Buka Google Map

Kebijakan Privasi

Kotak Surat


Copyright © Rounin Visual
Sekloah Kristen Aletheia Ampenan