Berita

SCIENCE BIOTECHNOLOGY : Rekayasa dan Teknologi

SCIENCE BIOTECHNOLOGY : Rekayasa dan Teknologi

SMP | 2022-11-21

By Andry Juliansyah, M.Pd

Proyek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan salah satu sarana pencapaian profil pelajar Pancasila yang terdapat dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), oleh karena itu Sekolah Kristen Aletheia Ampenan (SKA) melaksanakan proyek kedua dengan mengusung tema “Rekayasa dan Teknologi” dengan nama kegiatan Science Biotechnology.

Siswa akan diminta untuk membuat Tempe dari hasil fermentasi kedelai dan kemudian mengolahnya menjadi makanan kreatif dan sehat. Proyek ini dilakukan oleh 18 kelas dan di bagi menjadi Fase A dan B: membuat tempe, sedangkan Fase C dan D: membuat tempe dan mengolah menjadi makanan. Siswa juga ditugaskan membuat laporan dari hasil proyek yang sudah mereka kerjakan, Fase A dan B: laporan tulis tangan, sedangkan Fase C dan D: laporan Ms. Word.

Pelaksanaan proyek pada hari Senin, 14 dan Jumat 18 November 2022, pukul 11.00 WITA bertempat di kelas masing-masing. Siswa dibagikan 3-5 kelompok perkelas, setiap kelompok ditugaskan membawa alat-alat untuk fermentasi kedelai seperti: baskom, nampan, sendok dan garpu, sarung tangan plastik, kain bersih, tisu dan tusuk gigi, sedangkan untuk bahan-bahannya disediakan oleh sekolah seperti: kedelai, ragi dan daun pisang.

Setelah selesai dilipat kedelainya, kemudian disimpan pada Aula dan lab IPA di lantai dua. Selama proses pembuatan, siswa dinilai oleh wali kelas dan guru IPA, ada tiga aspek kriteria penilaian yaitu: bernalar kritis, gotong royong, dan kreatifitas, diharapkan siswa mampu mencapai tiga aspek tersebut.

Hari Jumat, 18 November, proyek menggunakan jam pelajaran ekstra, pukul 13.00 WITA. Siswa Fase C dan D membawa alat masak dan bahan tambahan untuk diolah Bersama dengan tempe menjadi makanan kreatif dan sehat. Setelah tempe menjadi makanan, tim penilai kemudian mencicipi makanan tersebut.

“Proyek yang ini dibuat berdasarkan tujuan-tujuan dari mata pelajaran terintegrasi sesuai Fase Kelas pada Kurikulum Merdeka. Pada proyek ini diharapkan peserta didik dapat mengeksplor keterampilan membuat kedelai menjadi tempe dan juga makanan sehat dari bahan utama tempe tersebut.” Demikian disampaikan Ibu Vironika Endras B., S.Pd selaku Kepala Sekolah SD-SMP SKA Ampenan,

E U R E K A !!

BERASAMA SKA MERAIH PRESTASI GEMILANG

 

Admin Website

Admin website akan menginput semua data ke dalam website SKA Ampenan. Jika anda memiliki artikel atau foto dan info menarik mengenai SKA Ampenan dan ingin dimuat dalam website ini silahkan hubungi admin di [email protected]

Ikuti Kami

Veritas, Libertas, Caritas

KEBENARAN, KEMERDEKAAN, CINTA KASIH Menghasilkan anak didik yang mencintai Tuhan, berperilaku dan bersikap santun, berjiwa mandiri, cerdas, serta siap menghadapi tantangan zaman.

Youtube Channel

Facebook Page


Kontak Kami

[email protected]
Jl. Majapahit No.47, Taman Sari, Ampenan, Mataram City, West Nusa Tenggara 83114. Buka Google Map

Kebijakan Privasi

Kotak Surat


Copyright © Rounin Visual
Sekloah Kristen Aletheia Ampenan