Berita

SIMULASI GEMPA DI SD SMP KRISTEN ALETHEIA AMPENAN

SIMULASI GEMPA DI SD SMP KRISTEN ALETHEIA AMPENAN

SD-SMP | 2017-10-26

Sd smp kristen aletheia ampenan menggelar simulasi gempa bumi pada hari Kamis, 13 Oktober 2017 tepatnya pukul 08.00 Wita .  Kegiatan simulasi gempa pada kali ini didukung oleh  Rumah Sakit Bhayang Kara dan Kepolisian Resort Mataram.

Kegiatan ini berawal dari kekhawatiran pihak sekolah dengan beberapa potensi bencana yang bisa terjadi di Kota Mataram. Simulasi tersebut diikuti oleh 421 siswa dan 50 Pendidik , Tenaga Kependidikan , dan Petugas Layanan Khusus di sekolah.

Skenario Gempa

Setelah mendengar bunyi sirine tanda bencana berbunyi ,Bapak / Ibu guru memberi pengarahan kepada siswa untuk tenang dan tidak boleh takut dalam menghadapi bencana. Kemudian Bapak / Ibu Guru mengatur siswa untuk keluar ruangan kelas dengan tertib. Para siswa terlihat berlarian menuruni tangga dengan melewati jalur evakuasi yang telah tersedia di sekolah untuk berkumpul ke  tempat titik kumpul yaitu halaman sekolah SD SMP Kristen Aletheia Ampenan dan didampingi oleh Bapak / Ibu guru .Sebagian siswa melindungi diri dengan posisi tangan di  bagian kepala dan ada juga yang melindungi kepala dengan  menggunakan buku atau tas sekolah .Sementara siswa yang sudah sampai di halaman langsung berkumpul dan berjongkok.

Beberapa guru didampingi pihak dari Kepolisian Resort Mataram , menyisisr semua ruangan untuk melihat adanya siswa atau Bapak Ibu guru yang terjebak dalam ruangan . Dan dari hasil penyisiran di lokasi , ternyata ada satu siswa yang tertinggal di tangga  dalam keadaan pingsan dan satu orang guru  dalam posisi hamil besar .

Akhirnya tim evakuasi mengangkat murid tersebut  dengan tandu dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara  bersamaan dengan salah satu guru  yang tidak sempat menyelamatkan diri , untuk dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara dengan Ambulance untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Setelah skenario gempa berhenti , Pihak sekolah dalam hal ini diwakili oleh Bapak Bambang Suharijanto , S.IP dan Pihak dari Kepolisian Resort Mataram memberikan arahan kepada semua siswa tentang bencana gempa.

Beberapa siswa  mengaku sangat senang mengikuti kegiatan ini , karena bisa mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat menghadapi bencana alam .

Simulasi bencana alam ini dilakukan untuk melatih siswa siaga dan siap saat menghadapi bencana alam , terutama gempa bumi . “ Pelatihan atau simulasi semacam ini bisa memberi bekal bagi anak – anak , agar mereka tidak takut , khawatir , atau cemas saat menghadapi bencana alam”

Dengan adanya simulasi gempa ini , pihak sekolah juga berharap semua siswa bisa memahami bagaimana langkah yang harus dilakukan saat terjadi gempa bumi dan mampu melakukan tindakan penyelamatan diri secara tepat dan benar jika bencana benar – benar terjadi .

Prosedur evakuasi harus bisa dipahami semua pihak . Bagaimana tindakan yang harus dilakukan jika bencana itu terjadi . Meskipun kita semua tidak berharap bencana gempa benar – benar terjadi, namun pihak sekolah semua  harus siap. Dan pihak sekolah akan melakukan simulasi gempa secara rutin setidaknya satu tahun sekali.

 

By : Vironika Endras Bhairawati , S.Pd

Admin Website

Admin website akan menginput semua data ke dalam website SKA Ampenan. Jika anda memiliki artikel atau foto dan info menarik mengenai SKA Ampenan dan ingin dimuat dalam website ini silahkan hubungi admin di [email protected]

Ikuti Kami

Veritas, Libertas, Caritas

KEBENARAN, KEMERDEKAAN, CINTA KASIH Menghasilkan anak didik yang mencintai Tuhan, berperilaku dan bersikap santun, berjiwa mandiri, cerdas, serta siap menghadapi tantangan zaman.

Youtube Channel

Facebook Page


Kontak Kami

[email protected]
Jl. Majapahit No.47, Taman Sari, Ampenan, Mataram City, West Nusa Tenggara 83114. Buka Google Map

Kebijakan Privasi

Kotak Surat


Copyright © Rounin Visual
Sekloah Kristen Aletheia Ampenan