Berita

KELAS BINEKA,  MENGENAL SUKU-SUKU DI INDONESIA

KELAS BINEKA, MENGENAL SUKU-SUKU DI INDONESIA

SMP | 2022-07-27

Oleh: A. A. Sg Noviana Aryani P., M.Pd.

KELAS BINEKA merupakan salah satu program ALETHEIA PROJECT dengan mengangkat tema “Bineka Tunggal Ika” dan mengacu pada Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Proyek ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Penguatan Proyek Profil Pelajar Pancasila diharapkan dapat menjadi sarana yang optimal dalam mendorong peserta didik menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Kelas Bineka ini dilakukan oleh 18 kelas SD SMP Kristen Aletheia Ampenan. Peserta didik akan diminta untuk menghias kelasnya sesuai dengan suku yang telah ditentukan oleh para guru. Pada proyek ini diharapkan peserta didik dapat mengeksplor dan hormat tentang keberagaman kelompok suku yang ada di Indonesia. Tidak hanya itu, dalam proyek ini pun kita dapat melihat bagaimana peserta didik dapat bergotong royong dalam tim, bertanggung jawab terhadap tugasnya serta kreatif dalam menghasilkan ide/karya dan berkebinekaan global dalam mengetahui keanekaragaman budaya di Indonesia.

Kelas Bineka memulai aktivitasnya dengan mengajak peserta didik mengeksplor pengetahuan terkait suku di Indonesia melalui mesin pencari Google. Peserta didik terlihat antusias dalam menjelajah informasi terkait suku yang ditugaskan. Pada aktivitas ini elemen Profil Pelajar Pancasila yang diharapkan, yaitu Berkebinekaan Global dengan sub elemen mengeksplorasi pengetahuan dan keanekaragaman budaya.

Admin Website

Admin website akan menginput semua data ke dalam website SKA Ampenan. Jika anda memiliki artikel atau foto dan info menarik mengenai SKA Ampenan dan ingin dimuat dalam website ini silahkan hubungi admin di [email protected]

Ikuti Kami

Veritas, Libertas, Caritas

KEBENARAN, KEMERDEKAAN, CINTA KASIH Menghasilkan anak didik yang mencintai Tuhan, berperilaku dan bersikap santun, berjiwa mandiri, cerdas, serta siap menghadapi tantangan zaman.

Youtube Channel

Facebook Page


Kontak Kami

[email protected]
Jl. Majapahit No.47, Taman Sari, Ampenan, Mataram City, West Nusa Tenggara 83114. Buka Google Map

Kebijakan Privasi

Kotak Surat


Copyright © Rounin Visual
Sekloah Kristen Aletheia Ampenan